INTERNET MARKETING PERCETAKAN SINAR OFFSET BANGUNTAPAN BANTUL

Mochammad Yusa

Abstract


Sinar Offset merupakan unit usaha yang berpotensi untuk berkembang. Unit usaha ini merupakan salah satu unit usaha yang bergerak percetakan, advertising, dan sablon. Saat ini omset yang kotor dari usaha ini mencapai 7 juta perbulan. Jumlah karyawan yang bekerja pada unit usaha ini juga hanya satu orang. Omset tersebut terbilang kecil karena permintaan pembuatan percetakan, advertising, dan sablon yang masuk cenderung sedikit. Hal ini dikarenakan proses manajemen marketing unit usaha tersebut masih secara
konvensional yaitu dari mulut ke mulut dan dari pelanggan-pelanggan lama. Berdasarkan masalah tersebut, solusi yang diberikan adalah mengenalkan beberapa metode terkait dengan internet marketing. Salah satunya adalah social media marketing. Hal ini diharapkan nantinya dapat mendongkrang tingkat permintaan (demand) yang terkait dengan unit usaha tersebut baik dari bidang percetakan, advertising, dan sablon. Selain transfer knowledge terhadap karyawan dan pemilik usaha Sinar offset, solusi lainnya adalah pengadaan alat
komunikasi internet yaitu modem yang nantinya diharapkan dapat menjadi alat bantu yang menunjang social media marketing yang akan diimplementasikan. Kesimpulan akhir dari kegiatan ini adalah dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia dalam upaya peningkatan internet marketing dan pengenalan
internet dasar bagi karyawan dan pemilik Sinar Offset. 

Kata kunci: Sinar Offset, Internet Marketing, Social Media Marketing, Internet Dasar


Full Text:

PDF

References


Irianto, A.B.P., Pemanfaatan Social Media Untuk Meningkatkan Market Share UKM, Jurnal Teknomatika Vol. 8, No. 1, Juli 2015, pp. 1-12. ISSN: 1979-7656.

Syafrudin dan Eko P. Utomo, 2008, Koneksi Internet:Panduan Mudah dan Praktis untuk Pemula, ISBN : 979-877-005-6, Mediakom:Yogyakarta.

Zaki, Ali, 2008, 7 CMS Pilihan untuk Internet Marketing, ISBN: 978-979-27-2535-3, Elex Media Komputindo : Jakarta.

Nuryskha, Husni Amani, dan Sari Wulandari, Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Komunikasi Pemasaran Usaha Kecil Menengah Rizqia Keripik Sambal Strawberry Dengan Metode Benchmarking, e-Proceeding of Engineering : Vol.2, No.3, Desember 2015, pp. 7592-7599 , ISSN : 2355-9365.

Magdalena, Merry, 2015, 10 Strategi Marketing Online Ala Bukalapak, ISBN: 9786023752171, Penerbit Grasindo : Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.