PENGEMBANGAN STRATEGI E-MARKETING UMKM KLATEN UTARA

Anik Sri Widawati, Ikmah Ikmah

Abstract


Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki kontribusi yang sangat penting dalam mendukung
pertumbuhan ekonomi nasional dan penyerapan tenaga kerja. Disamping dapat meningkatkan pendapatan
keluarga, produk UMKM juga mampu meningkatkan potensi budaya dan pariwisata daerah. Klaten Utara,
merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Klaten yang letaknya sangat strategis karena berada di
pusat kota dan dekat dengan beberapa obyek wisata. Sehingga tidak mengherankan apabila di kecamatan
tersebut tumbuh dan berkembang beraneka ragam UMKM. Produk yang dihasilkan atau dipasarkan oleh
anggota UMKM Klaten Utara ini beraneka ragam dan sangat menjanjikan untuk dijadikan pekerjaan
utama, namun demikian sebagian besar anggota UMKM belum memahami pentingnya pemasaran di era
digital saat ini. Jangkauan pemasarannya masih di daerah sekitar UMKM tersebut dan kemasan
(packaging) juga masih sangat sederhana. Hal ini tentunya membuat produk tersebut tidak bisa tahan lama,
mudah rusak, kurang menarik serta mudah untuk ditiru. Kegiatan pengabdian ini sudah dilaksanakan
dengan berbagai capaian sesuai dengan target luaran sebagai berikut: 1) Pelatihan tentang strategi
pemasaran produk. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan wawasan tentang pentingnya
strategi pemasaran produk agar lebih dikenal oleh konsumen secara luas; 2) Pelatihan pengembangan
kemasan produk (packaging product). Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan wawasan tentang
pentingnya kemasan untuk meningkatkan nilai tambah dan harga jual produk; 3) Pelatihan E-Marketing.
Melalui pelatihan ini anggota UMKM dapat memasarkan produknya dan membangun hubungan dengan
pelanggan melalui media internet.
Kata kunci: UMKM, Packaging Product, E-Marketing


Full Text:

PDF

References


Bank Indonesia, Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil,

dan Menengah (UMKM), Kerjasama LPPI dengan

Bank Indonesia Tahun 2015.

Kienan, Brenda, 2001, Small Business Solutions

Ecommerce, Penerbit Gramedia, Jakarta.

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane, 2018,

Manajemen Pemasaran, Edisi Terjemahan, Penerbit

Erlangga.

Kotler & Keller, 2009, Marketing Management,

ed, Prentice Hall, New York.

Swasta, Basu, 1999, Manajemen Pemasaran

Modern, Edisi Ketiga, Yogyakarta Liberty


Refbacks

  • There are currently no refbacks.