PENYULUHAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS MELALUI PENERAPAN PESAN ANTI PERUNDUNGAN

Aditya Maulana Hasymi

Abstract


Dunia pasca era globalisasi justru bergerak ke arah tren negatif dengan timbulnya dampak buruk bagi sebuah
negara dilihat dari tingginya angka kelaparan dan kemiskinan, kesenjangan gender, dan sulitnya untuk
mengakses pendidikan membuat para pemimpin dunia tergerak untuk bekerjasama menyelesaikannya. Pada
tahun 2000, dengan difasilitasi oleh Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) mengadakan Konferensi Tingkat Tinggi
di New York yang menghasilkan Millenium Development Goals (MDGs), capaian pembangunan untuk
membuat dunia lebih baik. Namun pada perkembanganya, capaian pembagunan tersebut urung bisa
terlaksana dan justru kemudian banyak masalah baru yang timbul. Anak-anak dan remaja yang secara
gamblang disebutkan sebagai sasaran spesifik capaian pembangunan berkelanjutan poin 16, yang
menitikberatkan pada perdamaian, perlu mendapat perhatian khusus. Fakta menunjukan bahwa makin
banyaknya kasus di lingkungan anak dan remaja tanah air seperti perundungan (bullying), kekerasan seksual,
dan tawuran antar sekolah, seolah menjadi justifikasi bahwa capaian pembangunan poin ke 16 ini amat
penting untuk segera disosialisasikan. Pengabdian masyarakat ini berupaya untuk mengajak anak-anak dan
remaja terinformasi dengan baik dari salahsatu capaian dari sustainable development goals, utamanya pada
poin ke 16 yakni promote just peaceful and inclusive society melalui penerapan peran anti perundungan.
Kata kunci: sustainable development goals, perdamaian, perundungan


Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. (2014). Kajian Indikator

Sustainable Development Goals. Jakarta.

Panggabean, Rizal. (2008). Membawa Pendidikan

Perdamaian ke Sekolah. Diakses pada

http://csps.ugm.ac.id/membawa-pendidikanperdamaian-ke-sekolah/ (29 Maret 2018).

Sengupta, Mitu. (2016). The Sustainable

Development Goals: An Assestment of Ambition.

Diakses pada https://www.e-ir.info/2016/01/18/thesustainable-development-goals-an-assessment-ofambition/ (29 Maret 2018)

UNDP Indonesia. (2016). Sustainable Development

Goals: Goal no 16 Peace, Justice and Strong

Institutions. Diakses pada

http://www.id.undp.org/content/indonesia/en/home/

sustainable-development-goals/goal-16-peacejustice-and-strong-institutions.html (29 Maret

.

Wardana, Katyana (2015). Buku Panduan Melawan

Bullying.

Wulandari, Taat. (2010). Menciptakan Perdamaian

melalui Pendidikan Perdamaian di Sekolah. Jurnal

MOZAIK. Volume V no.1. pp. 68-83


Refbacks

  • There are currently no refbacks.