MEMBANGUN APLIKASI MOBILE “RESEP MASAKAN ASIA (INDONESIA, CHINA, JEPANG)” BERBASIS ANDROID

Sri Yuni Lestari, Kusrini Kusrini

Intisari / Abstract


Memasak merupakan kegiatan yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Dengan memasak, seseorang dapat menghidangkan beraneka ragam masakan diatas meja makan. Bahan, bumbu serta cara mengolah bahan makanan dalam membuat suatu masakan dapat dilihat pada resep masakan. Resep Masakan merupakan panduan bagi seseorang dalam mengolah bahan makanan menjadi hidangan yang dapat disajikan. Masakan Indonesia, Cina dan Jepang sudah mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia dan menjadi masakan di beberapa restoran atau rumah makan seperti sushi, yakiniku, okonomiyaki, fuyunghai, dan lain sebagainya. Namun terkadang banyak permasalahan yang timbul ketika seseorang ingin memasak sendiri masakan-masakan tersebut, seperti bahan apa saja yang harus digunakan dan bagaimana cara membuatnya. Kecenderungan masyarakat pada masa kini adalah ingin memperoleh informasi yang cepat menggunakan teknologi telefon genggam. Dengan melihat pengembangan teknologi android memunculkan ide untuk membuat aplikasi untuk membuat semacam panduan resep makanan Indonesia, China dan Jepang pada ponsel android. Berdasarkan pada desain , pengembangan dan penerapan dari program tersebut dapat dijadikan alternatif buku masakan yang lebih baik dan dapat digunakan sebagai alat bantu bagi seseorang untuk memasak suatu hidangan. Pengguna dapat melihat bahan bahan, berbagai bumbu dan cara memasak dalam pembuatan suatu hidangan dan dapat pula melakukan pencarian berdasar bahan baku utama.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al Fatta, Hanif. 2007. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta : Penerbit ANDI

Dinas Kesehatan Provinsi Yogyakarta :

http://www.dinkes.jogjaprov.go.id/index.php/cklgsehat/read/107.html, diakses tanggal 5 Oktober 2012

Kusrini. 2007. Strategi Perancangan dan Pengelolaan Basis Data. Yogyakarta : Penerbit ANDI

Nugroho, Adi. 2005. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi dengan Metodologi Berorientasi Objek. Bandung : Informatika Bandung

Safaat H ,Nazruddin. 2011. Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung : Informatika Bandung.

Safaat H ,Nazruddin. 2012. Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android edisi revisi. Bandung : Informatika Bandung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.