PERHITUNGAN PENILAIAN MAHASISWA TERHADAP MENGAJAR DOSEN BERBASIS KASUS MENGGUNAKAN ALGORITMA BAYESIAN

Erni Seniwati

Intisari / Abstract


Proses belajar mengajar pada perguruan tinggi melibatkan mahasiswa dan pengajar (dosen). Mahasiswa dapat lebih termotivasi dalam belajar dan mahasiswa dapat melakukan hal-hal kreatif dan inovatif karena ada rangsangan pemikiran yang luas dari pengajar (dosen). Pengajar yang berwawasan luas dan mahasiswa yang aktif maka akan menghasilkan output belajar mengajar yang berkualitas baik. Pengajar berhak memberikan penilaian terhadap mahasiswa dengan memberikan nilai akhir pada akhir semester dan sebaliknya, mahasiswa juga berhak memberikan penilaian terhadap dosen dengan memberikan penilaian terhadap beberapa variabel dalam mengajar. Penentuan penilaian yang diperoleh dari mahasiswa akan menghasilkan  keputusan tentang kualitas mengajar dosen, tergolong sangat baik, baik, cukup atau sangat kurang. Maka dari itu, dengan menggunakan algoritma bayesian diharapkan bisa menghasilkan keputusan kualitas mengajar dosen yang outputnya akan diperoleh dari pencocokan basis kasus yang pernah ada sebelumnya.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fatta, Hanif Al, 2009, Pengembangan Sistem Penukung Keputusan Untuk Penilaian Ujian Tugas Skripsi (Studi Kasus pada STMIK AMIKOM Yogyakarta), JURNAL DASI ISSN: 1411-3201, Vol. 10 No. 1 Maret 2009, STMIK AMIKOM Yogyakarta.

Hamzah, Suyoto, Paulus Mudjihartono, 2010, Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Dosen Dengan Metode Balanced Scorecard (studi kasus: Universitas RESPATI Yogyakarta), Seminar Nasional Informatika (semnasIF), ISSN: 1979-2328, UPN ”Veteran” Yogyakarta.

Kusrini, Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Evaluasi Kinerja Dosen di STMIK AMIKOM Yogyakarta, STMIK AMIKOM Yogyakarta.

Kusrini, Emha Taufiq Luthfi, 2009, Algoritma Data Mining, Andi Offset, Yogyakarta.

Pal, Sankar.K, Simon K.C. Shiu, 2004, Foundations of Soft Case-Based Reasoning, John Wiley & Sons, Inc., Hoboken, New Jersey, Canada.

Seniwati, Erni, Ferry W.W, 2012, Comparison of Nutritional Status Data Calculation Between K-Nearest Neighbour and Bayesian Algorithms, Proceeding Vol.5, ISSN:1978-774X, International Seminar on Industrial Engineering and Management (ISIEM), Manado, Indonesia.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.