PENERAPAN DESIGN PATTERNS UNTUK PERANCANGAN BERBASISKAN OBJEK ORIENTED

Kusnawi Kusnawi

Intisari / Abstract


Dalam mendesain suatu perangkat lunak cara penyelesainya biasanya didasari dari pemahaman secara pribadi atau bersifat subjektif sehingga dibutuhkan gambaran secara formal dari suatu masalah dan berikut pemecahannya. Design patterns adalah unsur-unsur rancangan yang seringkali muncul pada berbagai sistem yang berbeda. Setiap kemunculan ini menguji pattern tersebut di berbagai situasi. Design pattern harus mempunyai nama yang sederhana dan deskriptif yang dapat langsung digunakan untuk mengacu pada pola tersebut. Sebuah design pattern harus mendokumentasikan permasalahan, pemecahan, serta akibat-akibat penggunaannya. Class diagram adalah salah satu bentuk dari interprestasi dari suatu pattern dengan memanfaatkan kemampuan UML yang sudah berorentasi pada perancangan yang berbasiskan objek (OOP).

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alexander, Christopher (1977): A pattern language, Oxford University Press

Ridi, Modul Kuliah Design Patterns, MTI UGM Yogyakarta, 2007

http://www.st.cs.uni-sb.de/~brudaru/misc/pattern-examples.pdf, diakses 11 januari 2008

http://www.daniellafreniere.com/PDF/Pattern_Tutorial.pdf, diakses 11 Januari 2008

http://www.ibm.com/developerworks/rational/products/patternsolutions/, diakses Desember 2007


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.