PENGGUINAAN FILE TEXT SEBAGAI BASIS DATA PADA WEBSITE UNTUK MENANGGULANGI WEBHOSTING GRATIS YANG TIDAK MENDUKUNGAN LAYANAN DBMS

Welly Widodo Sindu Putra, Sudarmawan Sudarmawan

Intisari / Abstract


Sebuah web site mampu menunjang efektifitas dan efisiensi suatu perusahaan atau lembaga, terutama perannya sebagai sarana komunikasi, publikasi serta sarana untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan oleh semua pihak. Untuk menghemat biaya dalam publikasi sebuah web site tentunya dengan menggunakan web hosting yang bersifat gratis akan tetapi hal tersebut seringkali memberikan kendala berupa dukungan layanan penyimpanan data yang bermasalah.

Untuk mengatasi masalah penyimpanan data pada web hosting yang bersifat gratis dapat menggunakan file text yang diolah dengan mesin program dalam hal ini yang dipakai adalah bahasa pemrograman web PHP. PHP merupakan bahasa pemrograman web yang mampu mengolah file text sedemikian rupa sehingga mampu menjadi basis data yang secara mendasar cara kerjanya hampir sama dengan Sistem Manajemen Basis Data (DBMS).

Pada tingkat kebutuhan sebuah web site yang praktis dan menghemat biaya,  file text mampu digunakan sebagai basis data pengganti DBMS tetapi tentu saja memiliki kelemahan yang lebih besar dalam hal keamanan data yang disimpan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Azis, M. Farid, 2005, Object Oriented Programing dengan PHP 5, Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Krug, Steve, 2005, Don’t Make Me Think! A Common Sense Approach to Web Usability, Second Edition. Peachpit, A Division Of Person Education

Prasetyo, Didik Dwi, 2003. Tip dan Trik Kolaborasi PHP dan MySql untuk Membuat Web Database yang Interaktif. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sembiring, Akhmad Daniel, Ono W. Purbo, 1998, Buku Pintar Internet Java dan Javascript. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.