PEMANFAATAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID UNTUK PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI PAUD SIDOASIH

Muhammad Tofa Nurcholis

Intisari / Abstract


Pendidikan lingkungan hidup harus dilaksanakan sejak usia dini. Karena, usia dini merupakan “usia emas” bagi seseorang, artinya bila seseorang pada masa itu mendapat pendidikan yang tepat, maka ia memperoleh kesiapan belajar yang baik yang merupakan salah satu kunci utama bagi keberhasilan belajarnya pada jenjang berikutnya. Karena alasan itulah perlu pemilihan media yang tepat untuk sosialisasi dan pembelajaran kepada anak, salah satu media yang dirasa cukup tepat adalah media berbasis komputer.

Penelitian ini mengembangkan media edukasi untuk anak usia dini terutama untuk belajar mencintai lingkungan dengan memanfaatkan game sebagai media pembelajaran. Platform yang dipilih pada perancangan game edukasi ini adalah Android karena dianggap sebagai platform yang paling popular dan hampir setiap orang menggunakannya. Beberapa pihak dilibatkan pada penelitian ini yang diklasifikasikan sebagai stakeholder antara lain ahli lingkungan hidup, pengajar paud, siswa paud serta game expert.

Hasil penelitian ini menghasilkan aplikasi game edukasi dengan nilai indeks 96,86% setelah diimplementasikan kepada user sehingga dapat dikatakan efektif untuk mengajarkan kecintaan terhadap lingkungan kepada anak usia dini.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.