PERANCANGAN SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB DATA PMKS (PENYANDANG MASALAH KESEJAHTERAAN SOSIAL) PADA IKATAN PEKERJA SOSIAL MASYARAKAT KABUPATEN PELALAWAN

Muslim Muslim, Heri Sismoro

Intisari / Abstract


Masalah sosial, kadang-kadang disebut PMKS (penyandang masalah kesejahteraan sosial) adalah orang, keluarga atau sekelompok orang yang karena kendala, kesulitan atau gangguan, tidak dapat melakukan fungsi-fungsi sosial sehingga kebutuhan hidup mereka tidak terpenuhi baik fisik, spiritual dan juga sosial secara memadai dan wajar.

Data PMKS yang dikumpulkan oleh psm (pekerja sosial) di masing-masing desa akan dikirim dan divalidasi ke sekretariat IPSM (lembaga pekerja sosial masyarakat) yang berada di kantor pegawai negeri Kerinci dasar. Waktu dan jarak tempuh yang dibutuhkan oleh masing-masing PSM relawan untuk mengirimkan data bervariasi sesuai dengan jarak ke tempat penampungan relawan PSM IPSM sekretariat. Hal ini ditemukan untuk menjadi efektif dan efisien, karena memakan waktu hingga beberapa jam hanya untuk mengirim dan memvalidasi data PMKS yang telah dikumpulkan oleh relawan PSM.

Kehadiran sistem informasi berbasis web data PMKS (penyandang masalah kesejahteraan sosial) pada obligasi pekerja sosial Pelalawan, sistem informasi diharapkan dapat mempersingkat waktu dalam transfer dan validasi data. Sisi sistem informasi ini lain juga memiliki fitur pendukung lainnya yaitu adalah profil, galeri foto, agenda, informasi dan berita.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


N.M. Tetty, S. Dwi, dkk. Profil Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial. Jakarta: Pusat Data dan Informasi Kesejahteraan Sosial. 2011.

A.F. Hanif. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset. 2007.

K. Abdul. Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset. 2003.

Kusrini. Strategi Perancangan dan Pengelolaan Basis Data. Yogyakarta: Andi Offset. 2007.

S. Betha, Framework CodeIgniter. Bandung: Informatika. 2012.

S.F.K Alexander. Kitab Suci Web Programming. Yogyakarta: Mediakom. 2011.

Wahana Komputer dan Penerbit Andi. Teknik Singkat dan Cepat Menguasai CSS3. Yogyakarta: Andi Offset. 2013.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.