Pembuatan Sistem Pendeteksi Dini Kebakaran Menggunakan Atmega8

Rizqi Sukma Kharisma, Ardi Setiyansah

Intisari / Abstract


Bencana kebakaran yang tidak segera ditangani tentunya dapat menyebabkan kerugian baik kerugian harta maupun korban jiwa. Hal ini terjadi dikarenakan beberapa hal salah satunya adalah terlambatnya informasi yang  diperoleh pemadam kebakaran atau pemilik rumah saat terjadinya kebakaran. Pada penelitian ini dibangun sebuah sistem pendeteksian dini kebakaran menggunakan sensor asap, panas dan gas berdasarkan SMS Gateway dan alarm sistem, yang digunakan untuk memberikan informasi mengenai deteksi kebakaran sedini mungkin, sehingga bencana kebakaran ditangani sesegera mungkin dan resiko kebakaran dapat diminimalkan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


BNPB, September 2015, Statistik Bencana Indonesia 2015, diakses di : http://dibi.bnpb.go.id/

BNPB, September 2015, Data Kejadian Bencana Kebakaran Permukiman, Diakses di : http://geospasial.bnpb.go.id/pantauanbencana/data/datakbmukimall.php

Faishal, A., & Budiyanto, M. (2010). Pendeteksi Kebakaran Dengan Menggunakan Sensor Suhu LM35D dan Sensor Asap. Seminar Nasional Informatika 2010 UPN Veteran. Yogyakarta.

Apryandi, S. (2013). Rancang Bangun Sistem Detektor Kebakaran via Handphone Berbasis Mikrokontroler. Jurnal Teknik Elektro Universitas Tanjungpura, Vol 1,No 1.

Zain, A. (2016). Rancang Bangun Sistem Proteksi Kebakaran. Journal INTEK, 3.

Kristanto, Andri, 2004, Rekayasa Perangkat Lunak (Konsep Dasar), Gava Media, Yogyakarta


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.