Visualisasi 2D Fluida 2 Fase Menggunakan Lattice Boltzmann 2D Visualization 2 Phase Fluid Using Lattice Boltzmann

Arifiyanto Hadinegoro

Intisari / Abstract


Benda cair atau fluida adalah satu benda alam yang sangat di butuhkan oleh makhluk hidup di bumi, benda cair merupakan salah satu benda alam yang cukup sulit untuk di buat komputasinya, Sebabnya adalah sifat dari fluida yang mudah berubah terhadap penampang lingkungannya. Sifat ini yang membuat sangat sulit untuk gambarkan menggunakan komputer.  Penerapan metode secara numerik bisa bisa menjadi solusi untuk mendapat simulasi yang mendekati aslinya. Hasil komputasi numerik inilah yang di gunakan untuk komputasi, Beberapa metode yang bisa di terapkan untuk komputasi , salah satunya adalah metode Lattice Boltzman yang cukup bagus dalam membuat visualisasi nilai dari fluida. Nilai yang di hasilkan oleh metode tersebut kemudian di terjemahkan dalam kode kode komputasi hingga bisa di visualisasikan dalam komputer dengan bentuk 2 dimensi dengan 2 fluida yang memiliki perbedaan kekentalan atau di sebut 2 fase

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


nuraiman Dian , Viridi sparisoma , and Purqon Acep , "Visualisasi Gelombang Tsunami 2 Dimensi Menggunakan Metode Lattive Boltamann," in Simposium Nasional Pembelajaran dan Sains 2014 ( SNIPS 2014 ), bandung, 2014, p. 150.

Salomons M. Erik , Lohman J. A. Walter , and Zhou Han , "Simulation of Sound Waves Using the Lattice Boltzmann Method for Fluid Flow:Benchmark Cases for Outdoor Sound Propagation," PLoS ONE, vol. 11, pp. 1-19, january 2016.

Hansen D. Charles and Johnson R. Chris , The Visualization handbook, HansenD. Charles and JohnsonR. Chris , Eds. USA: Elsevier Inc, 2005.

Weiskopf Daniel , GPU-Based Interactive Visualization techniques. canada: Springer, 2006.

Munoz James Andrew , "Three-Dimensional Tsunami Modeling Using Gpu-Sphysics," Texas A&M University, texas, Thesis 2010.

Pullan Graham. (2008, oktober) many-core.group. [Online]. http://www.many-core.group.cam.ac.uk/projects/LBdemo.shtml

Schreiber Martin , "GPU based simulation adn visulalization of fluids with free surfaces," german, 2010.

Thurey Nils , "Physically based Animation of Free Surface," Erlangen, Doktor-Ingenieur 2007.

Munson R. Bruce , Young F. Donald , and Okiishi H. Theodore , Mekanika Fluida, 4th ed., HardaniWibi H. , Ed. USA: Pernerbit Erlangga, 2004.

kanginan Marthen , "mekanika fluida," in SERIBUPENA FISIKA SMA KELAS XI JILID2, Widijantoeko and andininur siti , Eds. malang: penerbit Erlangga, 2007, pp. 158-159.

Mohamad A. A. , Lattice Boltzmann Method Fundamentals and Engineering Applications with Computer Codes. london: Springer-Verlag, 2011.

Shan X and Chen H , "Lattice Boltzmann model for simulating flows with multiple phases and components.," Physical Review E, vol. 47, no. 3, pp. 815–1819., Maret 1993.

Zhang Huai et al., "Modeling and Visualization of Tsunamis," Pure appl. geophys., pp. 475-496, april 2008.

Janicke H. and Scheuermann G. , "Measuring Complexity in Lagrangian and Eulerian Flow Descriptions," COMPUTER GRAPHICS forum, vol. 29, no. 6, pp. 1783-1794, 2010.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.