IMPLEMENTASI CLOUD COMPUTING MENGGUNAKAN MODEL INFRASTRUCTURE AS A SERVICE UNTUK OPTIMALISASI LAYANAN DATA CENTER (Studi Kasus : UPT STMIK AMIKOM YOGYAKARTA)

Danang Setiyawan, Ahmad Ashari, Syamsul A Syahdan

Intisari / Abstract


Laboratorium komputer pada UPT STMIK AMIKOM Yogyakarta berjumlah banyak dan kapasitas pengguna yang besar maka kebutuhan layanan data center juga semakin tinggi. Untuk memenuhi kebutuhan pengembangan data center tersebut dibutuhkan peningkatan kapasitas komputasi, salah satunya adalah dengan cara pengadaan server baru. Namun terdapat konsekuensi dari keputusan tersebut, organisasi akan menghadapi beberapa masalah baru dalam pengelolaan server yang semakin bertambah yaitu biaya yang dihabiskan untuk keperluan tersebut cukup besar. Biaya yang paling besar adalah pada pembelian dan maintenance server. Pemanfaatan fungsi server juga digunakan untuk mendukung pembelajaran praktikum di laboratorium komputer, jadi selain biaya dan maintenance organisasi juga akan menghadapi permasalahan baru, yaitu utilisasi server yang rendah. Untuk itu cloud computing sebagai solusi yang tepat untuk di implementasikan di laboratorium komputer STMIK AMIKOM Yogyakarta agar layanan data center bisa optimal dari sisi jumlah layanan dan penggunaan sumberdaya server.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Suryono, T., & Afif, M. F., 2013, Pembuatan Prototype Virtual Server Menggunakan Proxmox Ve Untuk Optimalisasi Resource Hardware Di Noc Fkip Uns. Ijns - Volume 1 Nomor 1 – November 2012, 56.

Garnier, M., 2010, Desain Dan Implementasi Virtualisasi Server Di Pt Thiess Contractors Indonesia, Skripsi tidak terpublikasi.

Januar, J., Prakasa, A., & Santiko, D., 2012, Analisis Dan Perancangan Cloud Computing Untuk Meningkatkan Kinerja Pt. Rama Kimindo Mulia, Skripsi tidak terpublikasi.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.