IMAGE MATTING UNTUK EKSTRAKSI OBJEK RAMBUT PADA CITRA DIGITAL

Anyan Anyan, Ema Utami, Amir Fatah Sofyan

Intisari / Abstract


Mating adalah sebuah metode yang digunakan untuk ekstraksi objek dari latarbelakangnya dengan tujuan untuk menempatkan objek tersebut pada citra latarbelakang baru. Ekstraksi objek foreground dari gambar secara keseluruhan memainkan peranan yang penting dalam proses image editing. Akurasi segmentasi citra dan pemisahan objek foreground dari gambar latarbelakang ditentukan oleh sebagian atau keseluruhan dari piksel-piksel suatu citra. Permasalahan yang timbul dalam mengekstraksi objek adalah bagaimana mendapatkan batas tepi terluar yang tepat pada objek dalam citra digital. Dalam penelitian ini dirancang skema segmentai citra untuk dapat melakukan ekstraksi objek pada citra digital menggunakan algoritma-algoritma yang disusun berdasarkan tahapan proses; segmentasi awal (algoritma growcut), pembuatan trimap otomatis (operasi dilasi dan erosi), ekstraksi objek (closed form matting). Sampel data berupa foto ukuran 1024x768 piksel, objek berambut lurus dan berambut keriting. Pengambilan gambar di alam bebas (natural) dan di dalam ruangan (green screen) untuk membedakan tingkat kesulitan dalam mngekstraksi objek.pengukuran kualitas menggunakan SNR, membandingkan alpha matte hasil ekstraksi yang menggunakan trimap manual dan trimap otomatis terhadap ground truth (matte referensi). Hasil pengujian SNR menunjukan bahwa penggunaan trimap manual masih lebih baik secara nkualitas dari penggunaan trimap otomatis, hal ini disebabkan pemetaan trimap pada saat pembentukan trimap otomatis belum maksimal memisahkan bagian objek tepat pada batas tepi objek yang sebenarnya. Namun dari segi waktu proses penggunaan trimap otomatis lebih cepat. Analisis terhadap latarbelakang menunjukan bahwa penggunaan latarbelakang berpengaruh terhadap waktu proses matting, latarbelakang green screen relatif lebih cepat. Analisis terhadap jenis rambut menunjukan jenis rambut objek juga berpengaruh terhadap lama waktu proses, jenis rambut lurus relatif lebih cepat dibanding jenis rambut keriting.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Gonzalez, R., & Woods, R. (2008). Digital Image Processing, 3rd ed.,. USA: Pearson Prentice Hall, New Jersey.

Prasetyo, E. (2011). Pengolahan Citra Digital dan Aplikasinya Menggunakan Matlab. Yogyakarta: Andi.

Putra, D. (2010). Pengolahan Citra Digital. Yogyakarta: Andi.

Sutoyo, T., Mulyanto, E., Suhartono, V., Nurhayati, O., & Wijanarto. (2009). Teori Pengolahan Citra Digital. Yogyakarta: Andi.

Adipranata, R., Gunadi, K., & Halim, N. (2013). Aplikasi Digital Matting Menggunakan Metode Bayesian Approach. SemnasIF.

Basuki, R., & Hariadi, M. (2012). Adaptive Threshold Untuk Alpa Matting Menggunakan Algoritma Otsu. Semantik.

Chen, S., Li, Z., Liu, J., & Tang, X. (2007). Image Matting Using Linear Optimization. Proceeding of The 15th International Conference on Multimedia (hal. 321-324). ACM.

Cho, J.-H., Yamasaki, T., Aizawa, K., & Lee, K.H. (2011). Depth video camera based temporal alpha matting for natural 3D scene generation. IEEE.

Chuang, Y.-Y., Curless, B., Salesin, D., & Szeliski, R. (2001). A Bayesian Approach to Digital Matting. Computer Vision and Pattern Recognition, 2001. (CVPR 2001).Proceedings of the 2001 IEEE Computer Society Conference on (hal. II-264). IEEE.

Levin, A., Lischinski, D., & Weiss, Y. (2008). A Closed Form Solution to Natural Image Matting. IEEE Transaction on Patern Analysis and Machine Inteligence, vol. 30, no. 2.

Ning, Q., Wang, W., & Zhu, C. (2013). A Fast Approach for Natural Image Matting using Structure Information. IEEE International Conference on. Multimedia and Expo.

Smith, A., & Blinn, J. (1996). Blue Screen Matting. Proceedings of the 23rd Annual Conference onComputer Graphics and Interative Techniques (hal. 259-268). Microsoft Corporation: ACM.

Sun, J., Jia, J., Tang, C.-K., & Shum, H.-Y. (2004). Poisson Matting. ACM Transactions on Graphics (TOG) (hal. 315-321). ACM.

Vezhnevets, V., & Konouchine, V. (2005). GrowCut: Interative multi-label ND Image Segmentation by Cellular Automata. Pro. of Graphicon (hal. 150-156). Rusia: Moscow State University.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.