Evaluasi Kepuasan Pelayanan Pengguna Aplikasi OPAC Perpustakaan STMIK AMIKOM Yogyakarta

Fatimah Nur Arifah, Abidarin Rosidi, Hanif Al Fatta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengukur tingkat kepuasan pengguna terhadap aplikasi Online Public Access Catalog (OPAC) pada Perpustakaan STMIK AMIKOM Yogyakarta. Subjek penelitian ini ialah mahasiswa yang terdaftar sebagai anggota perpustakaan dan objek penelitian ini adalah aplikasi OPAC Perpustakaan STMIK AMIKOM Yogyakarta. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan diagram Importance Performance Analysis (IPA) dipadukan dengan Indeks Kepuasan Pengguna (IKP) didasarkan pada indikator-indikator dari lima dimensi End User Computing Satisfaction yaitu isi (content), keakuratan (accuracy), bentuk (format), kemudahan penggunaan (ease of use) dan ketepatan waktu (timeliness). Hasil penelitian menunjukkan pengguna OPAC Perpustakaan STMIK AMIKOM Yogyakarta cukup puas dengan hasil perhitungan IKP 78,01 %. Penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan pada pengelola OPAC sebagai bahan acuan untuk meningkatkan kinerja OPAC.

This study aims to identify and measure the level of satisfaction of users of the application Online Public Access Catalog (OPAC) in the library STMIK AMIKOM Yogyakarta. These subjects are students who are registered as members of the library and the object of this study is OPAC STMIK Library AMIKOM Yogyakarta. Analysis of the data in this study using a diagram of Importance Performance Analysis (IPA) which is combined with User Satisfaction Index (IKP) based on the five dimensions of End User Computing Satisfaction; content, accuracy, format, ease of use and timeliness. The results showed users of OPAC STMIK AMIKOM Yogyakarta quite satisfied with the results of the calculation IKP 78.01%. This research is expected to provide input to the manager of the OPAC as a reference to improve performance of the OPAC.


Full Text:

PDF

References


Thanuskodi, S., 2012, Use of Online PublicAccess Catalogue at Annamalai University Library, International Journal of Information Science, Vol. 2, No. 6, hal 70-74.

Wahyani, Yuliana, C. P., Septiani, R., 2012, Kepuasan Pemustaka Terhadap OPAC Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Ridwan, Taufik, 2011, Kajian Pemanfaatan OPAC di Perpustakaan Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon, Magister Ilmu Perpustakaan, Universitas Indonesia,

Nasution, M. N., 2004, Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management), Ghalia Indonesia, Jakarta.

Saleh, A. R., 2004, Standar Kompetensi dan Masa Depan Pustakawan Indonesia dalam Dinamika Perpustakaan IPB Menuju Perpustakaan Riset, IPB Press, Bogor.

Hasugian, J., 2003, Katalog Perpustakaan Dari Katalog Manual Sampai Katalog Online (OPAC), UPT Perpustakaan USU, Medan.

Horgan, G. P., 1994, Staff Use of Online Public Access Catalogues (OPAC) in an University Library, University of Wales.

Hermanto, B., 2010, Manfaat Katalog Online, http://bambanguns.com/2010//05/manfaat-katalog-online.html?m=1, diakses tanggal 15 Agustus 2013.

Doll, W. J., Torkzadeh, G., 1988, The Measurement of End User Computing Satisfaction, MIS Quarterly, Vol 12, No 2, hal 259-274.

Suparman, 2007, Kajian Kepuasan PenggunaTerhadap Kualitas Layanan Perpustakaan Institut Pertanian Bogor,Magister Manajemen, Bogor.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.