PENGUJIAN USABILITY PADA TANGIBLE GAME SEBAGAI MEDIA PROMOSI CANDI

Rizky Rizky, Sheila Lestari Giza Pudrianisa

Abstract


Pengembangan media promosi yang baik menjadi kebutuhan utama perusahaan pengelola wisata candi. hal ini disebabkan oleh bergesernya pola pikir wisatawan ke arah pemaksimalan penggunaan teknologi. Untuk menjawab permasalahan tersebut peneliti membahas tentang metode pengembangan media Tangible game yang diperkuat dengan aplikasi yang akan digunakan sebagai media promosi. Pengembangan game melalui metode MDA (Mechanic, Dynamic, Aesthetic) memberikan langkah yang konkrit untuk menciptakan game yang ideal. Selain itu, pengujian Usability diperlukan untuk mengukur seberapa baik game ini untuk digunakan sebagai media promosi candi. Pada proses pengujian ini, peneliti menggunakan lima parameter, yaitu learnability, efficiency, memorability, errors, dan satisfaction. Hasil menunjukkan bahwa game yang dirancang menggunakan metode MDA mencapai hasil yang memuaskan di setiap parameter usability.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.