ANALISA METODE TOPSIS UNTUK MENENTUKAN JALUR KOPERASI PENGANGKUTAN UMUM MEDAN (KPUM)

Dedek Indra Gunawan HTS

Abstract


Banyaknya angkutan umum dikota medan menjadi tantangan tersendiri bagi penyedia jasa angkutan umum untuk memberikan jalur tercepat bagi penumpangnya agar lebih cepat sampai ditujuan. Technique for Ordered Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) adalah suatu metode dimana alternatif yang terpilih yang terbaik tidak hanya memiliki jarak terpendek dari suatu solusi ideal positif, namun juga memiliki jarak terpanjang dari solusi ideal negatif. Kriteria yang digunakan berdasarkan jalan-jalan yang menghubungkan kota Belawan dengan kota Simalingkar. Nilai dari data yang dimasukkan akan dihitung dengan menggunakan metode TOPSIS dengan mencari jarak terjauh dan terdekat dari solusi ideal positif dan negatif. Data yang nilainya tertinggi akan menjadi rekomendasi bagi Koperasi Pengangkutan Umum Medan untuk memilih jalur tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah jalur yang terbaik yang akan direkomendasikan ke KPUM.


Full Text:

PDF

References


Perdana Nuru Guntur, Tri Widodo “Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Beasiswa Kepada Peserta Didik Baru Menggunakan Metode TOPSIS”, SEMANTIK 2013, ISBN: 979-260266-6, Semarang, 16 November 2013.

Aulia Rachmat “Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerimaan Beasiswa di STTH Medan”, SNASTIKOM 2013, ISBN: 978-602- 19837-2-0

Artika Rini “Penerapan Analitycal Hierarchy Procces (AHP) dalam Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru pada SD Negeri 095224”, Pelita Informatika Budi Darma, Vol. IV, No. 3, Agustus 2013, ISSN: 2301-9425.

Sihotang Freklin, “Sistem Pendukung Keputusan Penerima Beasiswa dengan Metode TOPSIS” Pelita Informatika Budi Darma, vol. 3, no. 3, ISSN: 230:9425, December 201.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.