ANALISA PERANAN TEKNOLOGI INTERNET SEBAGAI MEDIA TRANSAKSI E-COMMERCE DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN EKONOMI

Yulianto Yulianto, Fifit Alfiah, Eka Purnama Harahap, Baiq Aneji Pahad, Andriyanto Andriyanto, Ian An Azhari, Riyan Sindi Saputra

Abstract


Perkembangan teknologi pada kehidupan masyarakat saat ini membawa dampak yang lebih baik dalam bidang ekonomi. Baik masyarakat awam maupun masyarakat dengan tingkat intelegensi yang tinggi pun berbondongbondong memanfaatkan teknologi informasi sebagai sarana bisnis mereka. Dari usaha kecil hingga usaha tingkat atas kini tak luput dari peranan teknologi tersebut. Hampir sebagian pelaku bisnis memasarkan produk mereka melalui media dan teknologi yang ada. Mulai dari web internet, jejaring sosial, serta aplikasi yang ada pada gawai saat ini. Pelaku bisnis online shop atau ecommerce nyatanya tidak hanya dari kalangan orang dewasa keatas saja, bahkan sebagian dari pelaku bisnis online shop ini adalah seorang pelajar. Tujuan dari mereka rata-rata yaitu untuk menambah uang saku. Namun disamping itu, pada akhirnya mereka mulai bisa mengenal bagaimana cara berbisnis tersebut. Hal ini tentu dapat menjadi tolak ukur untuk bisa meningkatkan atau melahirkan generasi muda yang mandiri, variatif, inovatif, dan produktif. Serta mampu mengembangkan evolusi ekonomi bagi kehidupan mereka dimasa depan. Berdasarkan survey yang didapat, bahwa peranan teknologi sangatlah berpengaruh dalam perkembangan e-commerce serta penjualan online yang ada. Teknologi menjadi satu-satunya media transaksi yang bisa dilakukan oleh penjual maupun pembeli dalam kasus ecommerce ini. Saat ini internet yang merupakan sumber informasi pun tidak hanya sekedar memberikan atau membagi berbagai macam informas saja. Di balik fungsi utamanya sebagai sumber informasi, internet juga dapat digunakan sebagai salah satu pendukung dalam proses bisnis. Salah satunya adalah e-commerce sebagai pendukung proses penjualan, pembelian, transfer atau pertukaran produk, dan pelayanan informasi khususnya pada bisnis berbasis Online shop . Dengan internet, pemasaran produk, dan pelayanan menjadi sebuah proses yang interaktif. Pemanfaatan Situs Web bukan hanya sekedar menyajikan katalog produk dan media promosi, melainkan digunakan untuk berdialog, berdiskusi, dan berkonsultasi dengan konsumen secara On-line.


Full Text:

PDF

References


G.K. Denni,” Analisis Pengurah Penerapan E-commerce dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Arminareka Perdana”, Binus University, 2014.

D.S. Nugrahani, “E-commerce Untuk Pemasaran Produk Usaha Kecil Dan Menengah”, STIE Rajawali Purworejo, 2011.

D. Irmawati,”Pemanfaatan E-commerce Dalam Dunia Bisnis”, Politeknik Negeri Sriwijaya, 2011.

S. Ratnawati, “Model E-commerce Untuk Meningkatkan Penjualan Kerajinan Kulit Pasca Lumpur Lapindo”, 2013.

R.S.A. Rejeki,, dkk, “Perancangan dan Pengaplikasian Sistem Penjualan pada “Distro Smith” Berbasis Ecommerce”, Universitas Stikubank, 2011.

M.M Belalawe, “Tinjauan Keamanan Sistem Transaksi Dan Pembayaran Pada E-commerce Studi Kasus Toko Online Www.Buahonline .Com”, STIKOM Artha Buana Kupang, 2013.

Diakses pada tanggal 7 Desember 2014 pukul 16.55 http://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3980/Kemkominf o%3A+Pengguna+Internet+di+Indonesia+Capai+82+Juta/0/berita _satker#.VIBQGOOSw9k


Refbacks

  • There are currently no refbacks.