ANALISIS ALGORITMA CATMAP UNTUK KEAMANAN DATA CITRA SATELIT-NANO PADA LOW EARTH ORBIT

Halim Futu Wijaya, Budi Syihabudin, Efa Maydhona Saputra

Abstract


Satelit-nano merupakan jenis satelit yang memiliki masa dibawah 10 kg, dan berada dalam orbit LEO (Low Earth Orbit). Saat ini riset tentang satelit-nano menjadi suatu hal yang menarik bagi mahasiswa maupun dosen karena memiliki ciri low cost, dan sistem yang tidak rumit. Salah satu misi yang sering dikembangkan saat ini adalah penginderaan jarak jauh. Salah satu blok penting dalamn misi ini adalah masalah pengenkripsian data gambar. Pengenkripsian disini bertujuan untuk memastikan data gambar yang ditransmisikan oleh satelit hanya dapat digunakan oleh pihak-pihak yang memiliki wewenang saja. Dalam paper ini akan disimulasikan enkripsi dekripsi data gambar menggunakan algoritma Cat Map untuk aplikasi satelit-nano. Algoritma Cat Map sendiri memiliki kelebihan dalam hal kecepatan enkripsi data gambar, karena satelit-nano sendiri hanya memiliki waktu yang sangat singkat ketika melewati stasiun bumi. Hal yang dikaji lainnya adalah masalah ketahanan dari algoritma Cat Map sendiri terhadap serangan hacker ,salah satunya dengan menggunakan brute force attack. Hasil dari simulasi algoritma Cat Map untuk berbagai ukuran citra dari penelitian ini membuktikan bahwa metode Cat Map memiliki waktu enkripsi yang cukup cepat, dengan waktu tracking stasiun bumi selama 11 menit yang didapat dari simulai menggunakan software orbit STK 10 , algoritma ini dapat mengenkripsi data gambar paling lama 5 menit untuk ukuran citra sebesar 1600x1200 pixel, dengan 10 kali iterasi. Ukuran citra tersebut termasuk besar untuk aplikasi satelit nano pada umumnya, kecepatan akan meningkat jika resolusi makin rendah dari ukuran pixel diatas. Ketahanan algoritma Cat Map terhadap brute force attack untuk ukuran image sebesar 1600x1200 pixel adalah 18,201 tahun dan untuk resolusi yang lebih rendah waktu peretasan jauh lebih cepat.  


Full Text:

PDF

References


Munir.Rinaldi, “Algoritma Enkripsi Citra Digital Berbasis Chaos Dengan Penggabungan Teknik Permutasi dan Teknik Substitusi Menggunakan Arnold Cat Map Dan Logistic Map,” in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Informatika 2012,pp.108, September 22,2012.

Struss,K. (2009): A Chaotic Image Encryption, Mathematic Senior Seminar, 4901, University Of Minnesota, Morris

www.linksprite.com diakses pada 29 November 2014

Gulzar Kashf, Camera Design for Pico and Nano Satellite Applications, 2009

Hafsahtiarni. Rifa.2009, Desain dan Implementasi Metode Gabungan Cat Map dan Baker Map Untuk Peningkatan Sekuritas Pada Enkripsi Citra Digital,Tugas Akhir, Jurusan Teknik Telekomunikasi ITTelkom, Bandung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.