ALGORITMA GENETIK TABU SEARCH DAN MEMETIKA PADA PERMASALAHAN PENJADWALAN KULIAH

Moh. Ali Albar

Abstract


Penyampaian informasi penjadwalan kuliah di lembaga akademik merupakan hal yang sangat penting. Masalah penjadwalan kuliah merupakan permasalahan yang sangat kompleks karena adanya berbagai komponen yang terdiri dari mahasiswa, dosen, ruang kelas, dan waktu kegiatan perkuliahan dengan memperhatikan batasan dan syarat tertentu. Penjadwalan kuliah yang di susun secara manual sudah semakin jarang digunakan karena adanya aplikasi penjadwalan yang berbasis komputer dan bekerja secara otomatis. Aplikasi ini mengunakan berbagai metode pendekatan heuristic dalam menyelesaikan permasalahan penjadwalan. Ada beberapa metode heuristic yaitu Algoritma Memetika dan Algoritma Genetik Tabu Search dimana dengan dua metode tersebut pembuatan solusi jadwal yang optimal dapat dilakukan dengan waktu yang tidak lama walaupun menggunakan data yang banyak sekalipun. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kedua Algoritma tersebut dalam sistem penjadwalan kuliah yang menghasilkan solusi jadwal yang optimal. Variabel pengujiannya adalah Soft Constraint, Hard Constraint, Total Soft Constraint, Total Hard Constraint dan Waktu Eksekusi. Berdasarkan hasil penelitian, Algoritma Genetik Tabu Search lebih unggul daripada Algoritma Memetika pada slot yang lebih rendah, sedangkan untuk slot yang lebih besar Algoritma Memetika lebih unggul daripada Algoritma Genetik Tabu Search.  


Full Text:

PDF

References


Mutakhiroh, Iing., 16 Juni 2007, Pemanfaatan metode heuristik dalam pencarian jalur terpendek dengan algoritma semut dan algoritma genetika, Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2007 (SNATI 2007), Yogyakarta.

Aria, Muhammad., 2008, Aplikasi algoritma genetik untuk optimasi penjadwalan mata kuliah, Majalah Ilmiah Unikom, Vol.6, hlm. 17-25.

Thamilselvan, R., Balasubramanie,P., 2009, Integrating Genetic Algorithm, Tabu Search Approach for Job Shop Scheduling, International Journal of Computer Science and Information Security (IJCSIS), Vol. 2, No. 1.

Altiparmak, Fulya., Dengiz, Berna., 2003, Optimal design of reliable computer networks: a comparison of metaheuristics, Journal of Heuristics, 9: 471–487.

Kusumadewi, Sri., 2003, Artificial intelligence (teknik dan aplikasinya), Graha Ilmu,Yogyakarta.

Kusumadewi, Sri., Purnomo, Hari., 2005, Penyelesaian masalah optimasi dengan teknik-teknik heuristik, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Obtiko, M., 1998, Introduction to genetic algorithm.

Yamada, T., Reeves, C., 1997, Permutation flowshop, Schedulling by genetic local search, IEEE conference publication, 232-238, IEEE.

Darmawan, Irfan., 2011, hibridisasi Genetic-Tabu Search Algorithm untuk penjadwalan job terhadap beberapa resource di dalam komputasi grid , Seminar Nasional Teknologi Informasi 2011 (SNATI 2011), ISSN: 1907- 5022.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.