ALARM GEMPA BUMI SEDERHANA MENGGUNAKAN SENSOR PHOTODIODA BERBASIS MIKROKONTROLER AT89S51

Dendy Mulya Kusuma, Robby Candra

Abstract


Musibah bencana alam memang sulit untuk diprediksi, tetapi untuk meminimalisasi kejadian tersebut perlu adanya suatu alat yang dapat memberkan peringatan terhadap bencana yang bersangkutan, terutama bencana gempa bumi yang sering terjadi di Indonesia. Alat ini dibuat agar mampu merespon kondisi getaran jika terjadi sebuah musibah bencana alam dalam bentuk Alarm Gempa Bumi. Sistem pengontrol pada alat ini dikendalikan oleh Mikrokontroler AT89S51 dengan menggunakan 1 masukan, yaitu sensor cahaya Photo Dioda, serta 2 output, yaitu Led dan Buzzer. Kedua output tersebut memiliki fungsi dan peranannya masing-masing. Tardapat tiga sensor yang digunakan pada alat ini, ketiganya memiliki fungsi yang sama yaitu menerima cahaya dan menghasilkan keluaran dengan kondisi yang berbeda, seperti suara buzzer yang akan berbunyi semakin kencang jika terjadi getaran yang sangat besar. Sebagai indikator getarannya, alat ini menggunakan sebuah bandul yang digantungkan bersama dengan Led yangditempatkan sejajar dengan sensor. Dengan memiliki satu masukan sebagai masukan logika yang masuk pada mikrokontroler AT89S51, didapat keluaran yang memiliki beberapa kondisi, sesuai dengan keadaan yang sedang terjadi.  


Full Text:

PDF

References


Budiharto, Widodo, Perancangan Sistem dan Aplikasi Mikrokontroler, ElexMedia Komputindo, Jakarta, 2005.

Franky Chandra dan Deni Arifianto. Jago Elektronika Rangkaian Sistem Otomatis. Kawan Pustak. 2010.

Hayt, William; Kemmerly, Jack; Durbin, Steven (2007) (dalam bahasa Inggris). Engineering Circuit Analysis (edisi ke-7th). McGraw-Hill Higher Education. hlm. 173- 205. ISBN 978-0-07-286611-7.

Venessa, Cara Membuat Alat Sederhana Pemberi Sinyal Gempa Bumi Untuk Rumah Anda, http://sourceflame.blogspot.com/2011/11/cara-membuatalat- sederhana-pemberi.html, 15 Desember 2011

URL: http://ilmu-elektronika.co.cc/library .html, 3 Mei 2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.