ANALISA KESIAPAN INDIVIDU DALAM MENGADOPSI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEPEGAWAIAN (SIMPEG) STUDI KASUS PADA PEMERINTAH KABUPATEN WONOSOBO

Danu Candra Prabowo, Wing Wahyu Winarno, Silmi Fauziati

Abstract


Pengaruh perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)  dirasakan di organisasi pemerintah, salah satunya terhadap pelayanan kepegawaian. Untuk dapat  melaksanakan     pelayanan  kepegawaian  yang efektif dan efisien dibutuhkan manajemen kepegawaian yang baik dan untuk dapat melaksanakan manajemen kepegawaian yang baik maka solusi yang ditawarkan adalah mengadopsi Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG).

Untuk mampu mengadopsi SIMPEG, dibutuhkan kesiapan individu untuk menghadapi perubahan dari mekanisme kerja lama ke mekanisme kerja yang baru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kesiapan individu dalam mengadopsi SIMPEG dilihat dari tingkat keyakinan dan keperibadian inndividu. Teori yang digunakan dalam penelitian ini diadopsi dari  Teori Self Efficacy, Technology Readiness Index (TRI) dan pengukuran Readiness for  Change.  Responden dalam penelitian ini adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Wonosobo yang ditempatkan  di  Sub  Bagian  Kepegawaian  di  setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Hasil  analisis  dengan  α  =  0,05  menunjukkan bahwa kesiapan individu dalam mengadopsi SIMPEG dipengaruhi secara signifikan oleh sikap optimis, kemauan untuk berinovasi, keyakinan individu untuk bekerja dalam situasi, kondisi dan pekerjaan yang beragam dan rasa ketidakamanan individu terhadap SIMPEG. Sedangkan rasa ketidaknyamanan dalam penggunaan SIMPEG, tingkat kesulitan pekerjaan, rasa percaya diri tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kesiapan individu dalam mengadopsi SIMPEG.

Full Text:

PDF

References


A.Bandura, “Social Foundations of thought and action : A social cognitive,” 1986.

A.Parasuraman,“Technology Readiness Index (Tri) : A Multiple- Item Scale to Measure Readiness to Embrace New Technology,” vol. II, 2000.

Chen, “Undersatanding the Effects of Technology Readiness, Satisfaction and Electronic : Word-of-Mouth on Loyalty in 3C Product,” vol. 1, 2011.

D. Desplaces, “A Multilevel Approach to Individual Readiness to Change,” vol. 7, 2005.

Y. M. Florestiyanto, “Evaluasi Kesiapan Pengguna Dalam Adopsi Sistem Informasi Terintegrasi Di Bidang Keuangan Menggunakan Metode Technology Readiness Index,” 2012.

D. Dada, “E-Readiness for Developing Countries : Moving the Focus From the Environment to the User,” 2006.

T.P.Kumar, “A Comparative Study of Self Efficacy Among Government And Private School Teachers,” vol. 2, no. 1, 2013.

A.E.Woolfolk, “Educational Psychology 9th Ed,” 2004.

D.T.Holt, A. A. Achilles, H.S.Feild dan S.G. Harris, “Readiness for Organizational Change : The Systematic Development of a Scale,” vol. 43, no. 2, 2007.

Jogiyanto, Konsep dan Aplikasi Structural Equation Modeling, Yogyakarta: UPP STIM YKPN, 2011.

Febriandy, “Pengaruh Support Terhadap Computer Self Efficacy Dan Computer Anxiety Dalam Penggunaan Teknologi Informasi : Studi Kasus Karyawan Departemen Komunikasi Dan Informatika Palembang,” 2009.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.