PERANCANGAN GAME EDUKASI BERGENRE TURN BASED STRATEGY DENGAN SENJATA YANG DIREPRESENTASIKAN DALAM RUMUS KIMIA

Misty Bethsania, Rezki Yuniarti, Ridwan Ilyas

Abstract


Masalah utama dalam pembelajaran yang umum diterapkan saat ini adalah cara penyampaiannya melalui ceramah dan praktikum yang  terbatas modulnya. Intinya adalah mengemas materi yang akan dipelajari dalam kemasan yang lebih menarik, dan interaktif. Konsep dalam ilmu kimia umumnya bersifat abstrak dan kompleks yang membutuhkan penalaran ilmiah sehingga belajar kimia merupakan kegiatan mental yang membutuhkan penalaran tinggi. Hal ini berpotensi menjadi penyebab kesulitan belajar pada siswa. Pada penelitian ini telah dibagun sebuah game berjenis turn-based strategy yang didalamnya membahas materi unsur kimia sebagai pendekatan untuk siswa agar lebih memahami mata pelajaran kimia. Unsur kimia tersebut digunakan sebagai senjata untuk melawan musuh yang dihadapi. Perancangan game ini menggunakan framework Mechanic, Dynamic, Aesthetic (MDA) untuk mempermudah perancangan game agar tujuan dapat tercapai. Hasil yang diperoleh melalui 20 naracoba, game ini menghasilkan presentase 80% untuk grafik, 95% untuk konten, 90% untuk ide. Sementara untuk pemahaman materi naracoba diberi pertanyaan mengenai materi kumia, dan hasilnya rata-rata dari seluruh pertanyaan yang diajukan 89% jawaban adalah benar, dan 11% menjawab salah. Sehingga game ini cukup baik dalam memahami materi kimia mengenai unsur-unsur atau senyawa kimia.

 

Kata kunci: game edukasi, turn based strategy, MDA


Full Text:

PDF

References


Mark Griffiths, "The Educational Benefits of Video Games," Education and Health, vol. 20, no. 3, p. 2002.

Novrita Mulya Rosa, "Pengaruh Sikap pada Mata Pelajaran Kimia dan Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar Kimia," Jurnal Formatif, vol. 2, no. 3.

Leonard A Annetta, "Video Games in Education: Why They Should Be Used and How They Are Being Used," Theory Into Practice, vol. 47, pp. 229-239, 2008.

Luluk Fajri, Kus Sri Martini, and Agung Nugroho, "Upaya Peningkatan Proses dan Hasil Belajar Kimia Materi Koloid Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Touenament) Dilengkapi Dengan Teka-teki Silang Bagi Siswa Kelas XI IPA 4 SMA Negeri 2 Boyolali pada Semester Genap Tahun Ajaran 2011/2012," Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), vol. 1, no. 1, 2012.

Kurnia Wening Sari, Sulistyo Saputro, and Budi Hastuti, "Pengembangan Gamee Edukasi Kimia Berbasis Role Playing Game (RPG) pada Materi Struktur Atom Sebagai Media Pembelajaran Mandiri untul Siswa Kelas X SMA di Kabupaten Purworejo," Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), vol. 3, no. 2, 2014.

Muhammad Galih, Wibisono Sukmo Wardhono, and Issa Arwani, "Pengembangan Game Bergenre Tower Defense dengan Mengimplementasikan Augmented Reality," Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 2, pp. 749-758, Februari 2017.

Muhamad Rizky Prahesa Putra, Eriq Muh. Adams Jonemaro, and Issa Arwani, "Penerapan Mechanics Dynamics Aesthetics Framework pada Game Pengenalan Wisata Kota Malang," Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 6, pp. 2086-2091, Mei 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.