PENGGUNAAN METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (AHP) DALAM ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN TRANSPORTASI ON-LINE (GOJEK, GRABIKE dan UBER)

Elliya Sestri, Husnayetti Husnayetti

Abstract


Metoda Analytic Hierarchy Process (AHP) dapat dipergunakan untuk menentukan faktor-faktor yang memengaruhi penggunaan transportasi On-Line (Gojek, Grab dan Uber). Sistem ini memetakan kriteria dengan sebuah hirarkhi, dimana masing-masing hirarki akan dilakukan pairwise comparison, yaitu perbandingan berpasangan antar kriteria, sehingga didapat perbandingan kepentingan relatif antara kriteria satu dengan yang lain. Hasil dari perbandingan ini kemudian dianalisa untuk mendapatkan prioritas dari masing-masing kriteria. Setelah selesai kemudian dilakukan penilaian terhadap alternatif pilihan yang ingin dibandingkan dan dihitung untuk mendapatkan alternatife terbaik sesuai kriteria yang telah ditetapkan. Data karakteristik yang digunakan berasal dari pelanggan ojek on-line dengan banyak resposden masing-masing sebanyak 100 responden. Hasil analisa menunjukkan bahwa faktor utama yang mempengaruhi penggunaan transportasi on-line (Ojek Online) dari faktor pelayanan adalah (23%), faktor aman (25%), faktor nyaman (20%), faktor waktu (17%) dan faktor harga (14%). Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan AHP maka diperoleh yang lebih diminati oleh pelanggan adalah dengan urutan ojek online sebesar 34% pelanggan menjawab lebih memilih Uber, disusul oleh Gojek sebesar 33% dan terakhir adalah 33% dari Grab.

 

Kata Kunci: Analytical Hierarchy Process, Penggunaan Transportasi On-Line.


Full Text:

PDF

References


Teknomo, 1999, Penggunaan Metode AHP dalam Menganalisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Moda Ke Kampus, https://www.google.co.id/search?

Anindita, (2016),Analisis penerapan teknologi komunikasi tepat guna pada bisnis transportasi ojek online (studi kasus pada gojek dan grab bike).

Regidor JRF. Comparative Analysis of Transportation Network Companies (TNC’s) and Conventional Taxi Services in Metro Manila. Transportation Science Society of the Philippines [internet]; 2016 Agustus 8; Quezon City, Philippines. Quezon (PHL). [diunduh 2016 Desember 12]. http://ncts.upd.edu.ph/tssp/wp-content/uploads/2016/08/Paronda-et-al.pdf, et al. 2016

Saaty, L. T. & Peniwati, Kirti). Group Decision Making: Drawing out and Reconcilling Differences. RWS Publications Pittsburgh, 2008.

Julianto Lemantar, Jurnal NTETI, Vol. 2, No. 4, Februari 2013, Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Menggunakan Metode AHP dan Promethee, diunduh, 16 Juli 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.