ANALISIS POLA PEMBELIAN OBAT DI APOTEK UII FARMA MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA APRIORI

Rachmad Febrian, Faiz Dzulfaqor, Marisa Nur Lestari, Aditya Arif Romadhon, Edy Widodo

Abstract


Apotek UII Farma dikampus Terpadu Universitas Islam Indonesia memberikan fasilitas kesehatan bagi mahasiswa dan masyarakat sekitar. Apotek UII Farma menerima resep dokter dan obat bebas, dilengkapi dengan system komputerisasi apotek serta melayani konsultasi obat. Untuk meningkatkan strategi penjualan obat diperlukan pengolahan data transaksi menggunakan Association Rules agar menjadi informasi yang berguna. Salah satu teknik dalam Association Rules adalah Algoritma Apriori. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pola pembelian obat dan bagaimana penerapan Association Rules dengan Algoritma apriori untuk data transaksi penjualan obat serta untuk mempermudah dalam pencarian obat dengan meletakkan obat secara berdekatan berdasarkan hasil analisis Association Rules metode Algoritma Apriori. Hasil analisis Association Rules  metode Algoritma Apriori dengan minimum confidence 70% didapatkan 12 aturan. Hal ini menunjukkan bahwa aturan yang didapatkan mempunyai nilai confidence yang relatif tinggi.

 

Kata kunci : Apotek UII Farma, Association Rules, Algoritma apriori, Transaksi Penjualan Obat..


Full Text:

PDF

References


http://civil.uii.ac.id/index.php?option=com_content&view=article&id=199&Itemid=633

Mata Toledo, Pailine K Cushman, Ramon A, Dasar-dasar Database Relasional, Jakarta: Erlangga, 2012.

I.P.Rudi, “Penerapan Data Mining pada Penyewaan Film di Ultra Disk Cabang Antapani Menggunakan Metode Association Rules”, 2014.

Gunadi Goldie, Sensuse Dana Indra,"Penerapan Metode Data Mining Market Basket Analysis terhadap data penjualan produk buku dengan menggunakan Algoritma apriori dan Frequent Pattern Growth (FP-Growth), Jurnal TELEMATIKA MKOM, Vol. 4, No. 1, hal 118-132. 2012.

Anief. M, “Apa yang Perlu Diketahui Tentang Obat”, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Davies, and Paul Beynon. Database Systems Third Edition, Palgrave Macmillan, New York. 2004.

Pramudiono. I, “Pengantar Data mining”, Menambang Permata Pengetahuan di Gunung, 2007.

Larose D T, “Data mining Methods and Models”, Jhon Wiley & Sons, Inc, New Jersey , 2006.

Santosa Budi, “ Data mining, Teknik Pemanfaatan Data Untuk Keperluan Bisnis”, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2007.

Zhao, Y. R and Data Mining: Examples and Case Studies. Elsevier. London. 2013.

Rindengan, A. J. Perbandingan Association Rules Berbentuk Biner dan Fuzzy C-Partion Pada Analisis Market Basket dalam Data Mining.Manado: Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Skripsi. Universitas Sam Ratulangi, Manado. 2012.

Fadlina. Data Mining Untuk Analisa Tingkat Kejahatan Jalanan Dengan Algoritma Association Rules Metode Apriori. Informasi dan Teknologi (INTI), 3 (1), 144-154. 2014.

Erwin. Analisis Market Basket Dengan Algoritma apriori dan FP-Growth. Jurnal Generic, Vol.4 No.2. 2009.

Salamah, E.N., Ulinnnuha, N. 2017. Analisis Pola Pembelian Obat dan Alat Kesehatan di Klinik Ibu dan Anak Graha Amani dengan Menggunakan Algoritma apriori. Jurnal INFORM Volume 2 nomor 1 Tahun 2017.

Almon Junior Simanjuntak, “Aplikasi Data Mining untuk Pemodelan Pembelian Barang Menggunakan Algoritma apriori, 2013.

Han, Jiawei dan Kamber, Micheline. 2001. Data mining:Concepts and Techniques Morgan Kaufmann.

Davied Ulmer. Mining an Online Auctions Data Warehouse, Proceedings of MASPLAS02 The Mid-Atlanric Student Workshop on Programming Languanges and Systems Pace University.2012.

Katzung, B.G. Farmakologi Dasar dan Klinik : Prinsip Kerja Obat Antimikroba. Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran EGC. pp. 699. 1997


Refbacks

  • There are currently no refbacks.