SISTEM REKOMENDASI PAKET MAKANAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI PADA PENYETAN BU TINI

Ade Pujianto, Selvy Megira, Hasnan Afif, Kusrini Kusrini

Abstract


Setiap penyedia jasa kuliner pasti memiliki history data transaksi pelanggan dalam proses kegiatannya. Dalam sebuah transaksi hampir semua pelanggan memilih lebih dari satu jenis makanan. Begitupun dengan rumah makan Penyetan Bu Tini dimana data transaksi yang tidak diolah hanya akan menumpuk dan tidak bermanfaat.Sebaliknya pengolahan data yang tepat menggunakan data mining akan bermanfaat dan dapat mendukung suatu pengelola dalam mengambil keputusan. Berdasarkan hal ini peneliti mencoba melakukan penelitian pada Penyetan Bu Tini dengan mengolah data transaksi dan mengekstrak informasi seperti paket menu manakah yang sering dipesan.Untuk melakukan penelitian ini peneliti menggunakan algoritma Apriori dalam pembuatan sistem rekomendasi paket makanan. Adanya penelitian ini diharapkan dapat menjadi pendukung keputusan pengelola dalam membuat dan memberikan rekomendasi paket menu makanan bagi pelangan baru.

 

Kata kunci: Algoritma Apriori, Sistem Rekomendasi, Data Mining


Full Text:

PDF

References


Kusrini dan Emha T Luthfi, Algoritma Data Mining, Yogyakarta, Andi Offset, 2009.

Larose,Daniel T, Discovering Knowledge in Data:An Introduction to Data Mining, John Willey & Sons, Inc, 2005

J. Han and M. Kamber, Data Mining : Concept and Techniques, 2nd ed. San Fransisco: Morgan Kauffman, 2006.

R. S. Pressman, Software Engineering – A Practitionar’s Approach, 5th ed, McGraw-Hill International, 2001

Shelly Agasti, Belladona, dkk, Sistem Rekomendasi Kuliner Untuk Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta Menerapkan Algoritma Apriori Positif Negatif Dan Binary Hamming Distance, Seminar Nasional Ilmu Komputer (SNIK), 2015.

Widiati, Elsa dan Evita Dewi, Kania, Implementasi Association Rule Terhadap Penyusunan Layout Makanan Dan Penentuan Paket Makanan Hemat Di Rm Roso Echo Dengan Algoritma Apriori, Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA), Vol. 3, No. 2, 2014.

Zulfikar, Wildan Budiawan, dkk, Implementation Of Association Rules With Apriori Algorithm For Increasing The Quality Of Promotion, 4th International Conference on Cyber and IT Service Management, 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.