PENEMPATAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI SISWA DENGAN METODE FUZZY-PROFILE MATCHING

Anggar Anugrah Satrya Wiratama, Wing Wahyu Winarno, Ferry Wahyu Wibowo

Abstract


Siswa SMK Muhammadiyah Mungkid jurusan Teknik Komputer Jaringan dibekali dengan berbagai keterampilan dalam  bidangnya. Siswa dituntut mengaplikasikan kompetensinya pada kegiatan praktek kerja industri. Dalam penentuan tempat praktek kerja industri sering terjadi permasalahan tempat prketidaksesuaian tempat praktek kerja industri yang tidak sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh perusahaan. Dibutuhkannya sebuah sistem komputer berupa sistem pendukung keputusan yang dapat membantu kesesuaian kompetensi siswa dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Penelitian ini bertujuan merancang sebuah sistem pendukung keputusan untuk mendukung keputusan tempat pratek kerja industri yan sesuai dengan kompetensi siswa. Metode yang digunakan adalah profile matching yang dikombinasikan dengan metode fuzzy logic. Sebelum data profil siswa dengan perusahaan diolah terlebih dahulu diubah dalam bentu fuzzy dikarena kan data yang diperoleh bukan merupakan bilangan pasti melainkan dalam bentu himpunan. Data yang telah diubah dalam bentuk fuzzy maka dilakukan analisi gap antara profil kompetensi siswa dengan  profil kompetensi yang diinginkan dari perusahaan meggunakan metode profile matching.  Hasil akhir prosses profile matching tersebut berupa perangkingan dari nilai profile kompetensi yang diinginkan perusahaan yang akan sebagai tempat praktek kerja industri siswa SMK Muhammadiyah Mungkid jurusan Teknik Komputer Jaringan.


Full Text:

PDF

References


Turban, E. and Aronson, J. E., “Decision Support and Intelegent Systems, (6 th ed.)” Prentice-Hall Inc, New Jersey, 2001.

Wijaya, V., “Sistem Pendukung Keputusan Berbasis Web Penempatan Praktik Kerja Lapangan Mahasiswa Menggunakan Metode Profile Matching”, Berkala Ilmiah MIPA, Vol 24, No 1, 2014.

Budianita pada tahun 2017

Kusrini, 2007

Kusumadewi, S., 2003, Artificial Intelligence: Teknik dan Aplikasinya, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Arman, 2015, Sistem Pendukung Keputusan Dengan Metode Fuzzy Logic Untuk Menseleksi Mahasiswa Penerima Beasiswa, Edik Informatika, Vol 2, No 1 (2015) page. 45-52

Kusumadewi, S., 2003, Artificial Intelligence: Teknik dan Aplikasinya, Graha Ilmu, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.