ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DOSEN POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA

Irma Salamah, RD Kusumanto, Lindawati Lindawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan teknologi informasi dosen Polsri. Saat ini penggunaan personal komputer sangat meluas, baik dikalangan perguruan tinggi maupun non perguruan tinggi. Dikalangan perguruan tinggi penggunaan personal komputer dapat dimanfaatkan secara optimal oleh dosen sehingga dapat memberikan dampak yang positif terhadap kinerja dosen. Adapun faktor-faktor yang akan diuji dan dianalisis adalah faktor  sosial, affect (perasaan individual), kompleksitas, kesesuaian tugas, konsekuensi jangka panjang, dan kondisi yang memfasilitasi. Sampel penelitian adalah 79 dosen PNS yang bertugas di Politeknik Negeri Sriwijaya. Data dikumpulkan dan digunakan untuk memprediksi faktor-faktor pemanfaatan teknologi informasi terhadap kinerja dosen. Data diuji dengan menggunakan path analysis Dan dari hasil penelitian menunjukkan konsekuensi jangka panjang dan kondisi yang memfasilitasi berpengaruh terhadap pemanfaatan TI dosen Polsri. Sedangkan faktor  sosial, affect (perasaan individual), kompleksitas, dan kesesuaian tugas tidak berpengaruh terhadap kinerja dosen Polsri.


Full Text:

PDF

References


R. L. Thompson, C. A. Higgins, and J. M. Howell, “Personal Computing: Toward a Conceptual Model of Utilization,” MIS Q., vol. 15, no. 1, p. 125, 1991.

H. C. Triandis, “Values, Attitudes, and Values,” in Nebraska Symposium on Motivation, 1979: Beliefs, Attitudes and Values, 1980, p. 195–259.

J. A. O’Brien, Introduction To Information System, Edisi 12. McGraw Hill, 2008.

M. Bhattacherjee, Anol Harris, “Individual Adaptation of Information Technology,” J. Comput. Inf. Syst., 2009.

R. L. Thompson, C. A. Higgins, and J. M. Howell, “Influence of Experience on Personal Computer Utilization: Testing a Conceptual Model,” J. Manag. Inf. Syst., vol. 11, no. 1, pp. 167–187, 1994.

F. D. Davis, “Perceived Usefulness , Perceived Ease Of Use , And User Acceptance,” MIS Q., vol. 13, no. 3, pp. 319–339, 1989.

R. Ridhawati, “Anteseden dan konsekuensi pemanfaatan teknologi informasi Dosen Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia,” vol. 12, no. 55, pp. 516–532, 2007.

F. T. Jin, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Akuntan Publik.,” UGM, 2003.

A. Suhaili, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Manajerial Pada Perusahaan Manufaktur Di Kalimantan Selatan.,” UNDIP, 2004.

I. K. Handayani Siregar, Astuti Suryanawa., “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Individual Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Denpasar Barat.,” J. UNUD, Univ. Udayana., 2008.

A. A. S. R. Darmini and I. N. W. A. Putra, “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Pengaruhnya Pada Kinerja Individual Pada Bank Perkreditan Rakyat Di Kabupaten Tabanan.,” J. UNUD, Univ. Udayana., 2008.

N. M. T. dan I. D. N. W. Savitri, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Pemanfaatan Sistem Informasi Akuntansi,” E- J. Akunt. Univ. Udayana, vol. 13, pp. 1120–1136, 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.