PENGGUNAAN E-LIBRARY PADA SMK MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG

Fitri Purwaningtias

Abstract


Perpustakaan merupakan fasilitas pendukung untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Dengan adanya perpustakaan dapat membantu meningkatkan pengetahuan dan waawasan bagi siswa. Seiring berkembangnya teknologi perpustakaan yang pengolahannya data perpustakaan secara manual bisa dikembangkan menggunakan jaringan komputer berupa internet dengan membuat e-library atau perpustakaan digital. Konsep E-library merupakan sebuah perpustakaan digital yang ada dalam website dengan menyediakan link buku elektronik (e-book) yang bisa didownload dan bebas disebarluaskan kembali dengan tidak mengubah materi yang ada dan menghilangkan sumber penulisnya. SMK Muhammadiyah 2 Palembang sistem pengolahan perpustakaan masih konvensional. Sehingga menyulitkan staf perpustakaan dalam pengolahan data perpustakaan. Untuk itulah diperlukan suatu sistem informasi yang mampu mengolah data dengan cepat dan efisien. Oleh karena itu dibuatlah e-library untuk sekolah tersebut berbasis web menggunakan bahasa pemrograman PHP dan metode pengembangan sistem web engineereing. Dengan adanya e-library pada SMK Muhammadiyah 2 ini diharapkan nantinya dapat mengurangi kesalahan dalam pengolahan data perpustakaan pada staf perpustakaan, serta dapat mempermudah siswa mendapatkan informasi buku ataupun untuk pemrosesan data anggota menjadi lebih cepat dan efisien

Full Text:

PDF

References


Listyorini, Tri and Mohammad Iqbal, “Perancangan Pengembangan Digital Library Berbasis Web Responsive,” Jurnal SIMETRIS, Vol 6 april 2015 No.1, pp 69-76. 2015.

Saragih, Ambon, Emma Rosinta Simarmata, and Jhoni Maslan, “Perancangan Aplikasi E-Library Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP Pada Universitas Methodist Indonesia,” Jurnal TIMES, Vol. IV No.1: 31 – 35, 2015.

Saleh, abdul Rahman. 2014. Pengembangan Perpustakaan Digital. Tangerang Selatan : Universitas Terbuka

Arief, M Rudianto. 2011. Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP dan MySQL. Andi Offset: Yogyakarta

Pressman, R.S, “ Software Engineering: A Practiotioner’s Approach,” Forth Edition. McGraw-Hill Book. Co.,2005.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.