PEMBANGUNAN SISTEM PENGELOLAAN RANTAI PASOK BAHAN ISI ROTI DI CV. CAHYA NUSA PRATAMA

Yoga Pradenta, Faiza Renaldi, Asep Id Hadiana

Abstract


CV. Cahya Nusa Pratama merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang produsen dan distributor filling atau sering disebut isi roti, yang salah satu produk nya ialah  fullcream milk powder dan cocoa powder. Dalam perusahaan ini memiliki beberapa bagian struktur organisasi salah satunya adalah bagian gudang. Di bagian gudang ini memilik masalah, yaitu pengelolaan bahan baku yang tidak terkontrol dengan baik. Untuk menangani masalah tersebut, diperlukan sebuah manajemen untuk pengelolaan bahan baku, salah satu konsep pengelolaan manajemen bahan baku adalah konsep Supply Chain Management. Manajemen rantai pasokan atau disebut Supply Chain Management merupakan pengelolaan rantai siklus yang lengkap mulai bahan mentah dari para supplier, ke kegiatan operasional di perusahaan, berlanjut ke distribusi sampai kepada konsumen. Oleh karena itu dibutuhkan pembangunan sistem pengelolaan rantai pasok bahan isi roti untuk mengatasi masalah tersebut yang dapat menghasilkan informasi untuk mengambil keputusan. Metode yang digunakan adalah metode observasi dan wawancara. Pembangunan sistem yang akan dilakukan berbasis web dengan data yang saling terintegrasi menghasilkan laporan yang berguna untuk pihak gudang dan bagian produksi.


Full Text:

PDF

References


Nabil and M. M. Noor, "Perancangan Integrasi Sistem Supply Chain Management Produksi di PT Pustaka Imam Syafii," CommIT, Vols. 4, No. 2, pp. 103 - 108, 2010.

A. U. T. Ama, E. Sediyono and A. Setiawan, "Perancangan Sistem Informasi Manajemen Rantai Pasok Untuk Distribusi Pangan Kabupaten Minahasa Tenggara," in Prosiding Seminar Ilmiah Nasional Komputer dan Sistem Intelijen (KOMMIT 2014), Depok, 2014.

E. N. Hayati, "Supply Chain Management dan Logistic Management," Dinamika Teknik, vol. 8, p. 25, 2014.

M. Nurmaidah, T. H. Pudjiantoro and F. Renaldi, "Pembangunan Sistem Manajemen Rantai Pasok dalam Proses Produksi Teh di PT. Perkebunan Nusantara III," Jurnal PASTI, vol. 11, no. 1, pp. 22-31.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.