PEMBANGUNAN SISTEM CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DI PT. DIRGANTARA INDONESIA PADA BAGIAN METROLOGY

Jajang Nurrahman, Wina Witanti, Asep Id Hadiana

Abstract


PT Dirgantara Indonesia (PTDI) bergerak di bidang rekayasa, manufaktur produksi untuk kepentingan komersial dan militer yang berhubungan dengan kedirgantaraan, termasuk  perawatan peralatan barang. Seiring dengan perkembangannya, PTDI tidak hanya memproduksi berbagai pesawat tetapi juga helikopter, menyediakan pelatihan dan jasa pemeliharaan (maintenance service) untuk mesin-mesin pesawat dan peralatan lainnya. PTDI juga pernah menjadi rekanan sub-kontraktor untuk industri-industri pesawat terbang besar di dunia seperti Boeing, Airbus, General Dynamic, Fokker dan lain sebagainya. Metrology merupakan bagian yang bertugas dalam melakukan pelayanan dan service  dalam perbaikan dan pemeliharaan mesin atau peralatan barang yang sering digunakan dalam proses pembuatan pesawat tersebut. Metrology pada saat ini dirasa belum  dapat memaksimalkan strategi dalam menangani aktivitas yang berhubungan dengan pelanggan dimana sistem yang membantu perusahaan khususnya pada bagian metrology  dalam meningkatkan kualitas pelayanan dengan cara memberikan informasi yang lebih spesifik, sehingga  perusahaan dapat memperhatikan permintaan dan kebutuhan dari pelanggan. Pembangunan sistem  Customer Relationship Management pada PTDI ini akan menggunakan metode waterfall. Dengan sistem Customer Relationship Management diharapkan dapat meningkatkan tingkat kepuasan dari pihak pelanggan terhadap perusahaan sekaligus pemberian informasi yang akurat dan mempermudah perusahaan dalam mengelola pelanggan.


Full Text:

PDF

References


C Anatasha Onna, F Achmad ,K Srikandi , "Penerapan Customer Relationship Management (Crm) Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan(Studi Kasus Bandung Sport Distro Malang)," Jurnal Administrasi Bisnis, vol. 15, p. 1, Oktober 2014.

U Ema , Sarkawi, "Penerapan Customer Relationship Management Untuk Merancang Fitur Aplikasi Penjualan Buku Online," Jurnal Teknologi Technoscientia, vol. 6, no. ISSN: 1979-8415, p. 1, 2013.

E. Ekadiansyah and H. Kurniawan, "Perancangan E-CRM(Customer Rlationship Management) pada PT.Sonya FM Medan," no. ISSN : 2302-3805, 2015.

Yulianti, Eva; Ifwandi, Putra, "Perancangan Aplikasi Customer Relationship Management (CRM)pada English Language School(ELS) dengan Bahasa Pemrograman PHP," Jurnal Momentum, vol. 16, no. ISSN : 1693-752X, 2014.

Rinny E. Kalalo, "Customer Relationship Management Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen PT. Matahari Dept. Store, Manado," Jurnal EMBA, vol. 4, no. ISSN 2303-1174, pp. 1553-1561, 2013.

Ovi Dyantina, Mira Afrina, Ali Ibrahim, "Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Berbasis Web (Studi Kasus Pada Sistem Informasi Pemasaran di Toko YEN-YEN)," Jurnal Sistem Informasi (JSI), vol. 4, no. ISSN 2355-4614, pp. 516-529, 2012.

W Teti, A Imam , "Pengembangan Customer Relationship Management Berbasis Web pada Griya Muslim Flora," JUSI, vol. 1, no. ISSN 2087-8737, 2011.

Y. A. As, "Perancangan Aplikasi Berbasis Customer Relationship Management (CRM) untuk IKM Tas Yanri di Bogor," Jurnal Pekommas, vol. 16, pp. 131-140, 2013.

D. Setiawan and E. H. Saputra, "Penerapan Konsep Customer Relationship Management (CRM) Berbasis Website Pada UD.Toyoriz Busindo," Jurnal Ilmiah DASI, vol. 16, no. ISSN: 1411-3201, 2015.

M. Afrina and A. Ibrahim, "Rancang Bangun Electronic Costumer Relationship Management (E-CRM) Sebagai Sistem Informasi Dalam Peningkatan Layanan Perpustakaan Digital Fakultas Ilmu Komputer Unsri," Jurnal Sistem Informasi(JSI), vol. 5, no. ISSN Print 2085-1588, 2013.

R. D. Gede and A. H. Zainal, "The Impact of Enterprise Resource Planning (ERP) System Implementationon Organization: Case Study ERP Implementation in Indonesia," IBIMA Business Review, vol. 2011, no. 2, pp. 1-10, 2011.

T. and I. U. W, "Implementasi SMS Gateway Dan SMS Broadcast Untuk Pelayanan Konsumen Pada CV. Tanjung Pinang Motor Pacitan," Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, vol. 2, no. ISSN : 1979-9330, p. 29, 2010.

J. Rumbaugh, J. Ivar and B. Grady, The Unified Modeling Language Reference Manual Second Edition, Canada, 2004.

Buttle and Francis, Customer Relationship Management (Concept and Tools), Taylor & Francis, 2004.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.