TATA KELOLA SISTEM INFORMASI RUMAH SAKIT UMUM NEGARA MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA COBIT 5

Komang Shinta Jayanti, I Gusti Lanang Agung Raditya, I Putu Agus Swastika

Abstract


Penerapan TI pada Rumah Sakit sangat dibutuhkan untuk mengoptimalkan kinerja pegawai agar mempermudah pelayanan dan memberikan kenyamanan bagi pasien.  Salah satunya RSU Negara telah menerapkan TI dengan menggunakan sistem informasi rumah sakit My Hospital. Tetapi masih terdapat masalah dalam penerapan sistem informasi RSU Negara. Adapun beberapa masalah dalam penerapannya seperti masih terjadi kesalaha yang dilakukan oleh staff RSU Negara dalam penerapan sistem informasi My Hospital di RSU Negara, kekurangan anggaran untuk memperbarui perangkat komputer, Masalah pengklaiman biaya kesehatan BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial), dan kurangnya informasi bagi pasien dalam mendapatkan kamar kosong. Mencermati kondisi tersebut di atas nampak ada kesenjangan antara yang direncanakan dengan realitas yang terjadi. Sehingga evaluasi tata kelola diperlukan untuk mencari tahu bagaimana pelaksanaan tata kelola, bagaimana tingkat kematangan tata kelola yang telah dilakukan sehingga dapat diusahakan jalan keluar atau solusi yang tepat untuk pengembangan dan peningkatan tata kelola. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif dan metode kualitatif, dengan pendekatan studi kasus dan pengambilan data melalui survey, studi dokumen dan wawancara. Penelitian ini menggunakan kerangka kerja COBIT 5 dengan domain EDM4, APO 6, APO7, BAI4, DSS6, MEA1 dan domain MEA3. Selanjutnya dilakukan perhitungan dengan model kapabilitas ISO/IEC 15504. Hasil tingkat kematangan tata kelola TI pada sistem informasi di RSU Negara adalah 2.88 berada pada level 3 (Established). Hasil tingkat kematangan saat ini yang diperoleh dibandingkan dengan tingkat kematangan yang diharapkan kemudian dari hasil perbandingan tersebut didapatkan tingkat kesenjangan yang digunakan untuk merumuskan rekomendasi perbaikan. Untuk meningkatkan tata kelola TI di RSU Negara, harus meningkatkan tata kelola pada domain EDM 4, APO 6, APO 7, BAI 4,  DSS 6, MEA 1 dan MEA 3 sesuai rekomendasi. Melakukan kegiatan evaluasi, pengarahan dan monitoring terhadap seluruh kegiatan yang berkaitan dengan sistem My Hospital serta mendokumentasikannya.


Full Text:

PDF

References


Adityawarman, Pengukuran Tingkat Kematangan Penyelarasan Strategi Teknologi Informasi Terhadap Strategi Bisnis Analisis Menggunakan Framework Cobit 4.1 (Studi Kasus PT. BRI, Tbk), Tesis, Undip, 2012.

Iskandar, Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kualitatif dan Kuantitatif), Jakarta: GP Press, 2008.

ISACA, Control Objective for Information and Related Technology, 2017. Retrieved Juni, 2017, from ISACA: http://www.isaca.org/COBIT/Pages/default.aspx.

ISACA, COBIT 5: Enabling Processes Governance and Management Practices, United States of America: ISACA & ITGI, 2012.

I.G.L.A. Raditya, B.L. Sinaga, I. Wisnubhadra, “Evaluasi Tata kelola Sistem Informasi Akademik Berbasis COBIT 5 di Universitas Pendidikan Ganesha,” Jurnal Buana Informatika, Vol. 6, No. 4: 279-288, 2015.

Sugiono, Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2013.

A. Swastika, I.G.L.A Raditya, Audit Sistem Informasi dan Tata Kelola Teknologi Informasi: Implementasi dan Studi Kasus, Yogyakarta: Andi, 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.