APLIKASI SISTEM INFORMASI KOPERASI KARYAWAN PADA PT.SURYA SIAM KERAMIK

Muhamad Nursaman, Intan Kusuma Astuti, Fetryana Matondang

Abstract


Sistem yang berjalan saat ini pada koperasi karyawan PT. Surya Siam Keramik diantaranya: pendaftaran anggota koperasi, transaksi penjualan, simpan pinjam dan pembuatan laporan belum memberikan informasi secara tepat dan akurat. Pendaftaran anggota koperasi sering terjadi redudansi data, dan transaksi penjualan di koperasi masih menggunakan buku besar sehingga sering terjadi kesalahan dalam perhitungan. Proses simpan pinjam belum efisien karena masih menggunakan kertas, prosedur yang panjang dan memakan waktu, serta keakuratan maupun kecepatan dalam pembuatan laporan masih kurang efektif, karena pengolahan data tersebut masih menggunakan Ms. Excel. Dengan permasalahan yang ada, maka peneliti mengusulkan sistem koperasi berbasis web, menggunakan metode analisis SWOT dan PIECES. Perancangan sistem menggunakan metode analisa berorientasi objek dengan Unified Modelling Language (UML), bahasa pemograman menggunakan PHP dengan user interface menggunakan Adobe Dreamweaver CS6 dan MySQL sebagai database nya. Sistem yang diusulkan dapat memudahkan user mencari informasi dan menyusun laporan koperasi dengan baik, format laporan lebih rapi, keamanan data koperasi terjamin karena adanya menu login.


Full Text:

PDF

References


Aris,dkk. “Aplikasi Sistem informasi Simpan Pinjam Pada Koperasi Usaha Bersama Syari'ah At-Tahwil Kota Tangerang,” SemnasTeknomedia, vol. 4, no.1, 2016.

Hasyim,dkk.” Rancang Bangun Sistem Informasi koperasi Berbasis Web Pada Warga Baru MTS N 17 Jakarta”Portal Garuda, vol 7,no.2.,pp.1-10,2014

Zainal Arifin, “Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Untuk Menentukan Sisa Hasil Usaha Pada Koperasi Pegawai Negeri,” e-journals.unmul.ac.id., vol.5,no.2, 2010.

Anis Nurhanafi," Sistem Informasi Simpan Pinjam Pada Koperasi Sari Mulyo Kecamatan Ngadirojo", IJNS, vol.3, no.3,2014.

Mulyanto. Agus. Sistem Informasi Konsep dan Aplikasinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2009

Nugroho Adi, “Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML Dan JAVA”, Penerbit Andi. 2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.