IMPLEMENTASI GAMIFICATION PADA APLIKASI UJIAN ONLINE BERBASIS WEBSITE

Dian Pramana, Putu Denatha Damarayana

Abstract


Ujian merupakan suatu proses evaluasi dari peserta didik untuk dapat mengukur kemampuan dan hasil pembelajaran yang telah dilakukan sebelumnya. Ujian yang biasanya diberikan oleh pendidik bersifat manual, mulai dari pembuatan ujian tersebut hingga proses pemeriksaan dan rekap hasil ujian. Tentu saja ujian secara manual memerlukan biaya untuk mencetak soal, waktu untuk membuat soal dan waktu untuk proses pemeriksaan. Namun pada kenyataannya, bagi sebagian peserta didik, ujian merupakan suatu hal yang cukup ditakuti. Salah satu faktor penyebabnya adalah proses ujian berlangsung dengan cara yang kurang menyenangkan dan cenderung monoton. Terlebih lagi apabila peserta didik kurang memahami konten atau materi yang akan diujikan. Maka dari itu dengan adanya gamifikasi ini diharapkan proses ujian dapat berlangsung dengan lebih menyenangkan dan praktis. Maka dibangunlah sebuah aplikasi ujian online yang diimplementasikan dengan gamifikasi. Aplikasi ini berbasis website dan dibangun dengan bahasa pemrograman PHP.


Full Text:

PDF

References


Zichermann dan C. Cunningham. Gamification by Design: Implementing Game Mechanics in Web and Mobile Apps. CA: O’Reilly Media. 2011.

M. Ainul Yaqin, A’la Syauqi, Faiz Afiani Rohma, Annisa Puspa Kirana. Pengembangan Sistem Informasi Alumni Berbasis Web Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. 2010.

Yuhefizar, HA Mooduto, Rahmat Hidayat. Cara Mudah Membangun Website Interaktif Menggunakan Content Management System Joomla. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. 2009: 2-4.

Anhar, ST. Paduan Menguasai PHP & MySQL Secara Otodidak. Jakarta: Mediakita. 2010: 3.

Miftakhul Huda dan Bunafit Nugroho. Membuat Aplikasi Database Dengan Java, MySQL, dan NetBeans. PT. Elex Media Komputindo, Jakarta, 2010.

Ade Djohar Maturidi. Metode Penelitian Teknik Informatika. Yogyakarta: deepublish. 2012: 68

Priyanto Hidayatullah, Jauhari Khairul Kawistara. Pemrograman Web. Bandung: Informatika Bandung. 2015.

R.H. SIANIPAR. HTML 5 dan CSS 3 Belajar dari Kasus. Bandung: Informatika Bandung. 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.