PROTOTIPE SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN PRESTASI KINERJA DOSEN TERBAIK DENGAN ALGORITMA WEIGHTED PRODUCT BERBASIS WEB (STUDI KASUS : FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS ISLAM AT-TAHIRIYAH)

Arisantoso Arisantoso, Moch. Sanwasih, Singgih Agus Setyawan

Abstract


Abstrak
Dosen merupakan pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Prestasi Kinerja Dosen juga merupakan aspek penting dalam penilaian untuk memberikan sebuah penghargaan terkait dengan aspirasi dan motivasi berdasarkan kriteria yang ditentukan oleh perguruan tinggi seperti kriteria penilaian mahasiswa, dosen sejawat, pimpinan, ketua LPPM, penelitian, penunjang serta pengabdian masyarakat. Metode penelitian ini menggunakan metode pengembangan perangkat lunak dengan waterfall dan sistem pendukung keputusan (SPK) dengan algoritma Weighted Product (WP), metode ini menggunakan perkalian untuk menghubungkan rating atribut, dimana rating setiap atribut harus dipangkatan dulu dengan bobot atribut yang bersangkutan berbasis website. Hal ini dilakukan agar aplikasi dapat disesuaikan dengan kebutuhan stakeholder. Hasil dari penelitian ini yaitu menghasilkan suatu aplikasi SPK penilaian prestasi kinerja dosen berbasis web dengan menerapkan metode algoritma weighted product dapat membantu proses perangkingan pemilihan dosen berprestasi.
Kata kunci: SPK, Prestasi Kinerja Dosen, Algoritma Weighted Product , Website.


Full Text:

PDF

References


UU RI, Undang-Undang Republik Indonesia No 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Jakarta, 2012

UU RI, Undang-Undang Republik Indonesia No 15 Tentang Guru dan Dosen, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Jakarta, 2005.

RistekDikti, “Pedoman Pemilihan Dosen Berprestasi Kategori Sains Teknologi dan Sosial Humaniora Tahun Anggaran 2017”, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Direktorat Jenderal Sumber Daya IPTEK dan Pendidikan Tinggi, 2017.

Moedjiono, Metode Penelitian, Penyusunan dan Penilaian Tesis (v.5), Jakarta: Universitas Budi Luhur, http://www.pascasarjana. budiluhur.ac.id/2012/10/pedoman-tesis-pps-ubl-v5-010112, diakses tanggal 11 Nopember 2013.

Pressman, S, Roger. Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 7th ed. Penerjemah. Adi Nugroho, J, Leopold Nikijuluw George dan et.al. Yogyakarta: Andi, 2012.

Nofriansyah, Dicky. “Konsep Data Mining Vs Sistem Pendukung Keputusan”, Ed. 1., Cet. 1, Yogyakarta: Deepublish, 2014

Hamid, Sanusi, “Manajemen Sumber Daya Manusia Lanjutan”, Ed. 1., Cet. 1, Yogyakarta: Deepublish, 2014 [8] Sulastri. Cicik., Sri Siswanti, Andriani Kusumaningrum KW, "Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Dosen Berprestasi Menggunakan Weighted Product (WP) di STIKES Alma Ata Yogyakarta", Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIKomSin)., Vol. 4, No. 2., pp.62-68, 2016.

Solichin, Achmad, “Pemrograman Web dengan PHP dan MySQL”, Jakarta: Universitas Budi Luhur, 2016.

Supono, Vidiandry Putratama, “Pemrograman Web dengan Menggunakan PHP dan Framework Codeigniter”, Ed. 1., Cet. 1, Yogyakarta: Deepublish, 2016


Refbacks

  • There are currently no refbacks.