PEMODELAN KARAKTER ANIMASI HEWAN BERGAYA DEFORMATIF MENGGUNAKAN MOTION CAPTURE

Didit Prasetyo, Denny Indrayana Setyadi, Nugrahardi Ramadhani

Abstract


Sebuah karakter animasi memiliki keunikan serta menjadi daya tarik tersendiri bagi penggemar film animasi, berbagai macam bentuk karakter animasi telah disajikan dalam beberapa dekade ini, salah satu metode produksi animasi adalah produksi animasi menggunakan motion capture, namun keragaman bentuk karakter animasi menggunakan motion capture selain memberi peluang kreasi yang luas dan produksi yang efisien juga menimbulkan permasalahan tersendiri. Permasalahan retargeting data hasil motion capture berupa file biovision yang diterapkan pada model karakter animasi merupakan tantangan tersendiri bagi animator, terutama pada karakter animasi yang deformatif, perbedaan ukuran dan proporsi panjang riging biovision dengan base mesh karakter deformatif yang tidak proporsional menjadi permasalahan yang harus diantisipasi dalam tahapan perancangan karakter animasi motion capture, oleh karena itu diperlukan sebuah referensi yang terukur untuk membuat sistem riging karakter.

Penelitian ini memetakan pemodelan karakter hewan bergaya deformatif dengan sistem auto-riging pada perangkat lunak open source yang dimodifikasi skala dan tranformasi tulangnya secara terukur supaya sesuai dengan proporsi gerakan file biovision dan menghasilkan animasi yang baik. Karakter hewan yang digunakan dalam penelitian ini adalah hewan  vertebrata yang dirancang secara deformatif yang mempertahankan karakteristik utama hewan asli dan dirancang bergerak, proporsi serta memiliki anggota tubuh kurang lebih menyerupai manusia.

Hasil pemodelan karakter hewan deformatif dan modifikasi skala-tranformasi rigging pada karakter hewan deformatif dengan menggunakan motion capture diharapkan menambah referensi bagi animator dalam bekerja lebih efektif dan efisien.

Kata kunci: animasi, hewan, deformatif, motion capture.

Full Text:

PDF

References


M., Gero, J. S. and Purcell, T. Analysis of cognitive processes of a designer as the foundation for support tools, in J. S. Gero and F. Sudweeks (eds), Artificial Intelligence in Design '98, Kluwer, Dordrecht, pp. 229-248.(1998)..

Hidayat. Rianti, Ito. Akinori, Watanabe. Kengo, Mikami. Koji and Kondo. Kunio, Find a menaing within character silhouette: Stylized character design support method using silhouette, NICOGRAPH International, p.144-148, 2012

GLEICHER, M. Animation from Observation: Motion Capture and Motion Editing Computer Graphics 1999

GLEICHER, M. Retargetting Motion to New Characters. Proceedings of SIGGRAPH'98. 1998.

Motion Capture: Pipeline, Applications, and Use. SIGGRAPH'02 Course #28.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.