APLIKASI SISTEM PAKAR TINGKAT DEPRESI PADA REMAJA MENGGUNAKAN CERTAINTY FACTOR

Joan Angelina Widians, Masna Wati, Juriah Juriah

Abstract


Menurut WHO, depresi menduduki peringkat ketiga beban penyakit dalam skala global tahun 2004 dan diperkirakan cenderung naik menjadi peringkat pertama pada tahun 2030.  Identifikasi tingkat depresi cukup sulit karena seseorang yang menderita depresi terkadang tidak menyadari bahwa dirinya menderita depresi. Untuk mengidentifikasi depresi biasanya dilakukan dengan cara konsultasi dengan psikolog atau pakar. Sistem pakar yang telah dibuat dapat digunakan untuk mengidentifikasi tingkat depresi seperti gangguan mood, depresi ringan, depresi sedang dan depresi berat. Dari pengujian yang telah dilakukan, hasil perhitungan identifikasi sistem sesuai dengan hasil perhitungan konvensional pada sistem. Output dari aplikasi sistem pakar identifikasi tingkat depresi ini adalah berupa keterangan tingkat depresi seseorang dan persentase tingkat depresi seseorang tersebut.


Full Text:

PDF

References


Depkes RI , Mendengarkan dan Berkomunikasi dalam Keluarga adalah Komponen Pencegah Depresi yang Utama , Jakarta, 2012 (http://www.depkes.go.id/article/print/2085/mendengarkan-dan-berkomunikasi-dalam-keluarga-adalah-komponen-pencegah-depresi-yang-utama-.html)

Atkinson, R.L., Pengantar Psikologi 2 (Terjemahan: Nurdjannah), Penerbit Erlangga, Jakarta, 1991

Burns, David, Terapi Kognitif: Pendekatan Baru Bagi Penanganan Depresi, Penerbit Erlangga, Jakarta, 1980

Lubis, N. L , Depresi: Tinjauan Psikologis, Penerbit Kencana Prenada Media Group, Jakarta, 2009

Kusrini, Sistem Pakar: Teori dan Aplikasi, Penerbit ANDI, Yogyakarta, 2006

Pratiwi, Siti Qomariah, Azahary, Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Demam Pada Balita Menggunakan Metode Certainty Factor dan Forward Chaining Berbasis Visual Basic, Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2014 STMIK AMIKOM. Vol 2, No 1 (2014), Yogyakarta, 2014


Refbacks

  • There are currently no refbacks.