ANALISIS DAN SEGMENTASI PSIKOGRAFIS PENGGUNA SOSIAL MEDIA UNTUK PEMBELIAN DI PONTIANAK

Irawan Wingdes, Ana Fitriana

Abstract


Sosial media untuk pembelian atau transaksi mengalami pertumbuhan sangat pesat di Indonesia. Transaksi yang tinggi disertai jumlah penduduk yang banyak menjadikan Indonesia pasar yang sangat menjanjikan. Pengeluaran untuk pemasaran khususnya di bidang digital juga mengalami pertumbuhan yang sangat tinggi sehingga segmentasi yang tepat akan mengefisienkan usaha pemasaran perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengelompokkan segmen pengguna sosial media untuk pembelian di Pontianak dengan alat ukur psikografis. Psikografis telah lama digunakan sebagai alat untuk segmentasi pasar sehingga layanan perusahaan lebih terfokus dan segmen yang tidak terjangkau oleh demografi dapat dilengkapi oleh psikografi.  Value and lifestyle dan list of values digunakan pada penelitian ini. Analisis faktor eksploratif dilakukan dan hasil penelitian berhasil membagi pengguna muda  menjadi tujuh karakter faktor psikografis pengguna sosial media untuk pembelian di Pontianak. Ketujuh karakter tersebut adalah agama, fashion kreatif, pembelajar, pemimpin fashion, prakarya, kesenangan dan sosial, pencapaian diri dan keamanan. Faktor psikografis merupakan indikator penting selain demografi agar pemasaran lebih tepat sasaran dan biaya.

Full Text:

PDF

References


Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, 2016, Hasil Survei Profil dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia, https://www.apjii. or.id/survei, diakses 1-11-2016.

Kementerian komunikasi dan informatika, 2013, laporan potret belanja online di indonesia, kasus: jabodetabek, bandung dan yogyakarta, jakarta, https://www.publikasi.kominfo.go.id/ bitstream/handle/ 54323613/981/Potret%20Belanja%20Online% 20di%20Indonesia.pdf?sequence=1, diakses 8-9-2016.

Pangerapan, S. A., 2015, Siaran Pers (press release) Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), http://www.apjii.or. id/v2/read/content/info-terkini/301/pengguna-internet-indonesia-tahun-2014-sebanyak-88.html, diakses 1-9-2016.

Mitra, W., 2014, Data Statistik Mengenai Pertumbuhan Pangsa Pasar E-Commerce di Indonesia Saat Ini, http://startupbisnis.com/ data-statistik-mengenai-pertumbuhan-pangsa-pasar-e-commerce-di-indone sia-saat-ini/, diakses 10-9-2016.

E-marketer, 2016, Indonesia Boasts Highest Digital, Mobile Internet Ad Growth in World, https://www.emarketer.com/ Article/Indonesia-Boasts-Highest-Digital-Mobile-Internet-Ad-Growth-World/1012341, diakses 1-10-2016]

Wind, Y., 1978, Issues and Advances in Segmentation Research . Journal of Marketing Research, vol. 14 hal 319-323.

Smith, W., 1956, Product Differentiation and Market Segmentation as alternative marketing strategies, Journal of Marketing, vol 21 hal 3-8.

Lin, C. F., 2002, Segmenting Customer Brand Preference: demograpic or psychographic, Journal of product and Brand Management vol 11 no 4 hal 249-268.

Sari, H., Setiaboedi, A.P., 2015, Segmentation of online buyers and its implication in determining marketing strategies, International conference on technology, informatics, management, engineering and environment, hal 34-40.

Kotler, P. 1997, Marketing Management- Analysis, Planning, Implementation and Control 9th edition, Prentice Hall International, New York.

Wells, W.D., 1975, Psychographics: a critical review, Journal of Marketing Research, Vol. 12 No. 2, hal. 196-213.

Kahle, L. R., Kennedy, P. 1988, Using the List of Values to understand consumers, The journal of Services Marketing. Vol 2 no 4. hal 49-56.

Strategic Business Insights, 2016, Values and Lifestyles Survey, http://www.strategicbusinessinsights. com/vals/presurvey.shtml, diakses 01-10-2016.

Mooi, E, Sarstedt, M., 2011, A Concise Guide to Market Research - the process, data and methods using IBM SPSS Statistics. Springer, Berlin.

Henson R. K., Roberts J. K., 2006, Use of exploratory factor analysis in published research: common errors and some comment on improved practice, Educational and psychological measurement, Vol 66 No. 3, hal 393-416.

Ghozali, I., 2013, Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS 21 update PLS regresi, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Field A., 2009, Discovering Statistics Using SPSS , second edition, Sage Publishing, New York.

Sekaran U., 2003, Research methods for business, a skill-building approach fourth edition, John Wiley & Sons, New York


Refbacks

  • There are currently no refbacks.