PENERAPAN APLIKASI PENGAMANAN DATA/FILE DENGAN METODE ENKRIPSI DAN DEKRIPSI ALGORITMA 3DES DALAM JARINGAN LOKAL AREA

Arisantoso Arisantoso, Mochamad Sanwasih, Moh. Reza Pahlevi

Abstract


Semakin pesatnya perkembangan internet di dunia berdasarkan data statistik internetworldstat.com populasi pengguna internet tahun 2016 adalah 7,340,159,492 hal ini tentunya dapat memberikan kemudahan, keuntungan dan manfaat bagi penggunanya. Namun diiringi keberadaan resiko terhadap ancaman dari aktivitas peyalahgunaannya seperti pencurian data melalui jaringan internet. Beberapa kebocoran data dan informasi yang dilakukan oleh pihak lain dikarenakan banyaknya pengguna computer yang tidak perduli terhadap keamanan data dan tidak ada aplikasi yang membantu dalam hal keamanan data sehingga data tersebut dapat tersimpan dengan aman sewaktu menggunakan internet.

Menjaga keamanan dan kerahasiaan data adalah hal yang sangat penting dan perlu adanya upaya keseriusan guna meningkatkan kesadaran keamanan informasi baik dilingkungan pemerintah, instansi dan organisasi. Salah satu teknik mengamankan data yaitu dengan teknik penyandian atau kriptografi. Teknik Kriptografi adalah suatu teknik yang digunakan untuk mengamankan data dengan kata sandi yang dimengerti oleh pihak yang berhak mengakses data tersebut. Salah satu metode teknik kriptografi yaitu menggunakan algoritma Triple Data Encryption Standard (3DES). Algoritma 3DES ini merupakan pengembangan dari algoritma Data Encryption Standard (DES). Perbedaan antara kedua algoritma tersebut pada dasarnya algoritma yang digunakan sama namun pada algoritma DES menggunakan satu kunci yang berukuran 56bit dan 3DES menggunakan tiga kunci yang berukuran 168bit.

Hasil penelitian ini adalah menerapkan aplikasi pengamanan data menggunakan bahasa pemrograman Microsoft Visual Studio .Net. Cara kerja pengenkripsian pada kirim dan terima data yaitu pengguna mengirimkan data melalui jaringan lokal area lalu penerima data menginstal, membuka file dengan hak aksesnya (password) dari pengirim. Cara mengembalikan data yang orisinal tanpa mengalami cacat yaitu dengan cara dekripsi artinya kapasitas File yang telah dienkripsi dan kapasitas File hasil dekripsi sama dengan file asli sebelum dienkripsi

Full Text:

PDF

References


Jogiyanto, Hartono., “Analisis dan Desain Sistem Informasi”. Edisi iii. Yogyakarta: Andi, 2010.

Sanusi. Muzammil, “The Genius: Hacking Sang Pembobol Data”. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2010.

Susanto, Joko., Ilhamsyah., Tedy Rismawan, “Aplikasi Enkripsi dan Dekripsi Untuk Keamanan Dokumen Menggunakan Triple Des Dengan Memanfaatkan USB Flashdisk Drive”, J. Coding Siskom Untan, vol. 4, no. 2, pp. 1-12, Des. 2016.

Aulia, Nasta. (2016-May-20). “Aplikasi Enkripsi dan Dekripsi Menggunakan Visual Basic 2012 dengan Metode Triple Des”. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/303376082_jurnal_aplikasi_enkripsi_dan_dekripsi_menggunakan_visual_basic_2012_dengan_metode_triple_des.

Chan, Adhytio Sasmita., Munthe., Permanan Ginting, “Perancangan Aplikasi Pengamanan File dengan Memanfaatkan USB Flashdisk Sebagai Kunci Menggunakan Algoritma Triple Des”, J. Pelita, vol. viii, no. 3, pp. 30-36, Des. 2014.

Sitorus, Lamhot, “Algoritma dan Pemrograman”. Yogyakarta : CV Andi Publisher, 2015


Refbacks

  • There are currently no refbacks.