APLIKASI KEAMANAN RUANG GUDANG DENGAN MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER DFRDUINO UNO R3, SENSOR PHOTODIODA DAN SENSOR MQ-2 SERTA NOTIFIKASI MELALUI SMS

Agustinus Eko Setiawan, Heru Prasetiawan, Budi Budi

Abstract


PT. Subur Jaya Berkatindo merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang Alat Komunikasi, GPS dan Accessories yang berfokus untuk segmen proyek komersial, perdagangan, hiburan, pendidikan dan industri diseluruh Indonesia. Dengan menawarkan pelayanan dibidang alat komunikasi, GPS, dan accessories. Sehubungan dengan masalah keamanan gudang dan untuk menghindari pencurian produk – produk yang ada digudang oleh pihak pihak yang tidak diinginkan, maka PT. Subur Jaya Berkatindo membutuhkan aplikasi yang dapat mendeteksi seseorang melakukan aktivitas pada akses pintu keluar/masuk dan juga membutuhkan suatu alat untuk mendeteksi jika terjadi adanya kebakaran yang semuanya terintegrasi dengan SMS. Tujuan dari pembuatan aplikasi ini adalah merancang suatu aplikasi yang dapat memantau keamanan ruang gudang dengan memberikan informasi atau memberikan peringatan dini berupa alarm dan pengiriman SMS kepada pengguna apabila ada orang yang tidak memiliki hak akses masuk ke ruang gudang serta memberi peringatan dini apabila terjadi adanya kebakaran. Metode pengembangan yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini adalah metode RAD (Rapid Application Development) dengan blackbox sebagai metode testing. Pada pembuatan aplikasi ini menggunakan Mikrokontroler DFRduino Uno R3, Ethernet Shield, SIM900 GSM/GPRS, Sensor Cahaya (Photodioda), Sensor Asap (MQ-2), dan juga Buzzer. Dengan demikian masalah keamanan ruang gudang pada PT. Subur Jaya Berkatindo dapat di hindari

Full Text:

PDF

References


Waskito, "Aplikasi Keamanan Rumah Dengan Mikrokontroler DFRarduino UNO dan Sensor PIR dengan notifikasi SMS," Universitas Budi Luhur, 2012.

Arduino, "Arduino Uno," 2015. [Online]. Available: http://arduino.cc/en/Main/ArduinoBoardUno.

F. Diyanto, "Aplikasi Pendeteksi Kebocoran GAS LPG dengan Menggunakan Mikrokontroler Atmega 8535 dengan Sensor MQ 5 pada cafe Louge 78," Universitas Budi Luhur, 2012.

E. Wiguna, "Home Automotion Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno dan Twitter," Universitas Budi Luhur, 2011.

T. D. Priyono, "Perancangan Sistem Deteksi Gerak dengan Sinar Laser Menggunakan Mikrokontroler ATMega 8 pada Laboratorium Komputer Sekolah Tingkat Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (PGRI) Pacitan," Universitas Budi Luhur, 2012.

Arduino, "Web Server," 2015. [Online]. Available: http://arduino.cc/en/pmwiki.php?n=Tutorial/WebServer.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.