RANCANGAN APLIKASI LAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT DENGAN METODE EXTREME PROGRAMMING (Studi kasus : Kabupaten Ngawi)

Hardiansah Hardiansah, Imam Safi’i, Sigit Suryono, Wahyu Ciptaningrum, Rudy Rizal Primandaru

Abstract


Dengan semakin pesatnya kemajuan tekhnologi informasi, setiap instansi pemerintahan berusaha dalam meningkatkan kualitas pelayanannya. Layanan Pengaduan Masyarakat adalah salah satu bentuk partisipasi untuk ikut berperan dalam membangun dan pengawasan terhadap kinerja instansi pemerintahan.Dalam hal ini peneliti mengambil studi kasus di kabutpaten ngawi dimana masyarakat dikabupaten tersebut sulit untuk menyampaikan keluhan yang ada dilingkungannya kepada pihak pemerintah terkait. Serta masyarakat yang tidak paham sering menyampaikan keluhan yang dirasakannya ke tempat yang tidak tepat.

Dalam hal ini peneliti melakukan penelitian tentang penyampaian aspirasi atas permasalahan dan keluhan yang terjadi pada masyarakat Ngawi yang tidak tersalurkan kepada SKPD terkait. Dengan demikian dibutuhkan sebuah rancangan aplikasi layanan informasi pengaduan untuk memudahkan masyarakat dalam menyampaikan keluhan dan aspirasinya, sehingga dapat tersalurkan kepada SKPD terkait. Sehingga Bupati dan SKPD setempat dapat mengontrol permasalahan dan keluhan yang ada pada masyarakat secara langsung.

Rancangan aplikasi layanan aplikasi pengaduan masyarakat ini menggunakan metode Extreme Programming karena dibanding dengan metode agil lainya metode ini lebih unggul dalam menangani kebutuhan yang selalu berubah-ubah untuk menghadapi perkembangan yang akan dilakukan sewaktu-waktu. Selain itu pengembang dan stake holder yang berkepentingan berperan secara langsung pada perancangan aplikasi ini

Full Text:

PDF

References


Angga Wahyu Putra Widayat, 2014, “Rancang Bangun Aplikasi Quick Response Berbasis Web dan Sms Gateway Dalam Melayani Pengaduan Masyarakat”, Universitas Dian Nuswantoro.

http://www.ngawikab.go.id

Jumardi, Andi, Achmad Solichin, 2016, “Prototipe

Aplikasi Layanan Pengaduan Masyarakat Berbasis Androis dan Web Service”, Jurnal TELEMATIKA MKOM, vol.8, no.1, Maret 2016.

Fernando, Andy, Erwin Zuulkarnain, Iis Pradesan, 2016, “Rancang Bangun Informasi Tanggap Darurat Divisi Masyarakat Berbasis Android Di Kota Palembang”, STMIK GI MDP Palembang.

Wulandari, Fiorenta, Irawan Thamrin, Reza Buidawan, 2014, “Aplikasi Informasi Lokasi Jalan Rusak Berbasis Web dan Android”, Universitas Telkom.

Sinambela, Debby Theresia, Ir. Irawan Thamrin, M.T., Indra Lukmana Sardi, S.T., M.T., 2016, “Aplikasi Pengaduan Kemacetan Lalu Lintas Di Kota Bandung Berbasis Mobile dengan GPS”, Universitas Telkom.

Pressman, Roger S. 2010. Software Engineering: A Practitioner’s Approach, Seventh Edition. Mc Graw Hill Higher Education


Refbacks

  • There are currently no refbacks.