PERANCANGAN SISTEM E-GROCERY PADA MINIMARKET XYZ PONTIANAK MENGGUNAKAN SCRUM METHODOLOGY

Utin Kasma, Windy Agasia

Abstract


Penelitian ini dilakukan pada Minimarket XYZ Pontianak dengan permasalahan adalah keterbatasan jangkauan penjualan produk kepada konsumen dan persaingan kompetitif. Penulis merancang sistem e-grocery yaitu merupakan aplikasi yang mampu menawarkan produk bahkan promosi produk berbasis website kepada konsumen. Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode Agile yaitu dengan pendekatan Scrum Methodology dengan instrument penelitian menggunakan wawancara dan observasi. Perangkat alat analisis yang digunakan adalah Unified Modeling Language (UML), bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP dan database MySQL. Penelitian ini menghasilkan rancangan website             e-grocery dengan penawaran produk, kapabilitas manajemen perusahaan terhadap konsumen serta memberikan kemudahan kepada konsumen dalam berbelanja. Penulis melihat bahwa peluang penerapan e-grocery dalam memasarkan dan menjual produk sangatlah besar. Perancangan sistem E-Grocery juga menghasilkan beberapa model UML seperti diagram use case dan diagram sequence.


Full Text:

PDF

References


Turban, E., King, D., & Lang, J, “Introduction to Electtronic Commerce” (Third ed.), Prentice-Hall, Inc, 2010.

Barnett, Martin., dan Alexander, Paul, “The Seven-Step Model for E-Grocery Fulfilment” School of Management Information Systems, Perth, 2004.

Kosasi, Sandy, “Pembuatan Sistem E-Grocery Untuk Memperlancar Pendistribusian Produk” in Proc. SNATIF 2015, pp.199-206, September 12,2015.

Putra, Nusa., “Research & Development Penelitian dan pengembangan : Suatu Pengantar”, PT. RajaGrafindo Persada, Jakarta, pp. 67, Maret, 2015.

Pressman, Roger S., “Software Engineering A Practitioner's Approach”, edisi ketujuh, McGraw-Hill, New York. 2010.

Rhem, Anthony J., “UML For Developing Knowledge Management System” Auerbach Publications, Taylor & Francis Group, Boca Raton New York, pp. 118, 2006.

Iswanto., “Membangun Aplikasi Berbasis PHP 5 dan Firebird 1.5” CV. ANDI Offset, Yogyakarta, pp. 2, 2007.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.