APLIKASI QUIZ PSIKOLOGIS BERBASIS WEBSITE DENGAN PENGAPLIKASIAN ALGORITMA DES

Ajie Kusuma Wardhana, Fariz Dzulfiqar Nurzam, Muhammad Kusnawi

Abstract


Dalam praktik rehabilitasi psikologi, sebelum memulai praktik seorang psikolog terlebih dahulu melakukan screening kepada client guna mengetahui kondisi kesehatan mental terkini, mendiagnosa kelainan mental yang dialami, serta menjadi dasar dalam praktik rehabilitasi mental yang akan dilakukan. Screening dapat dilakukan dengan berbagai cara salah satunya adalah dengan memberikan quiz atau pertanyaan mengenai kondisi kesehatan mental maupun kebiasaan yang dialami atau dilakukan oleh client. Peranan screening dalam praktik rehabilitasi mental ini sangat penting oleh sebab itu data diri client maupun hasil dari tahap screening ini harus dirahasiakan.

Dalam paper ini termuat bagaimana quiz screening kesehatan mental berbasis elektronik dapat menjaga data-data yang adadi dalamnya meliputi data diri client, hasil jawaban, serta saran dan kesimpulan screening. Data tersebut akan dienkripsi sehingga data yang tersimpan dalam basis data merupakan data sandi. Setiap client memiliki angka kunci hasil generate yang digunakan untuk proses enkripsi dekripsi data dirinya sebagai kunci client.Dalam quiz tersebut juga dilakukan generate angka unik yang akan dikirimkan kepada psikolog untuk mengenkripsi dekripsi data sandi dari hasil quiz client sebagai kunci quiz.

Penerapan kriptografi pada kasus kali ini mengguanakan algoritma DES (Data Encryption Standard) yang merupakan algoritma kunci simetris standar. Berdasarkan pada penerapannya, algoritma DES telah berhasil melakukan enkripsi dekripsi dengan perpaduan kunci client terhadap kunci quiz yang mana untuk dapat melihat data client yang sebenarnya, harus melewati tahap dekripsi kunci client dalam bentuk data sandi menggunakan kunci quiz, kemudian mendekripsi data sandi yang ada dengan kunci client yang sebenarnya.


Full Text:

PDF

References


Kurniawan, Yusuf. 2004. Kriptografi (Keamanan Internet dan Jaringan Komunikasi). Bandung: Informatika.

Sweetania, Dhian. Implementasi Enkripsi Data Berbasis Alogaritma DES. Sistem Informasi Jurnal Online, hal 1. http://dhian_sweetania.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/35350/IMPLEMENTASI-ENKRIPSI-DATA-BERBASIS-ALGORITMA-DES.pdf. (diakses 29 november 2016 pukul 11.30 wib).

Akbar Rifaidi, Arifin Zainal,dan Khairina Dyna Marisa. 2014. Rancang Bangun Multiple Locker Application Menggunakan Metode Data Encryption Standard. Jurnal Online, Vol. 9, No. 2, Juni 2014.

Primartha, Rifkie. 2011. Penerapan Enkripsi dan Dekripsi File Menggunakan Alogaritma Data Encryption Standard (DES). Sistem Informasi Jurnal Online, 3 (2): 373. http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jsi/article/view/739. (diakses 4 desember 2016 pukul 22.00 wib).

Aryanto. A, dan Tjendrowasono. Tri I. 2012. Pembangunan Sistem Penjualan Online Pada Toko Indah Jaya Furniture Surakarta. Speed Jurnal Online, 10 (6): 57. http://ijns.org/journal/index.php/speed/article/view/1099. (diakses 6 desember 2016 pukul 15.30 wib). [2] P.M. Morse and H. Feshback, Methods of Theoretical Physic, New York: McGraw Hill, 1953.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.