RANCANG BANGUN E-LIBRARY DAN BASIS DATA RELASIONAL PADA PERPUSTAKAAN ‘BERKAT IQRO’ (Studi Kasus : AMIK Lembah Dempo)

Mohamad Farozi

Abstract


Sistem perpustakaan perlu dikembangkan agar mampu memenuhi kebutuhan pengguna akan manfaat keberadaan perpustakaan tersebut pada skala yang lebih luas. Teknologi website yang diterapkan dalam perpustakaan digital (e-library) mampu memperluas akses layanan kepada user e-library dalam mencari sumber daya (resource) baik koleksi buku dan referensi lainnya yang disediakan oleh perpustakaan konvensional.

Rancangan e-library dan basis data relasional pada perpustakaan Berkat IQRO yang dibahas dalam penelitian ini yaitu dengan mengintegrasikan rancangan basis data dengan sistem e-library guna meningkatkan kualitas dan kecepatan proses layanan kepada user e-library sehingga dapat memperlancar proses transfer informasi secara cepat. Selain itu, sistem e-library dapat membantu pihak manajemen perpustakaan dalam meningkatkan efektifitas dan efisiensi pengoperasional perpustakaan.

Kerangka PIECES  yang digunakan dalam penelitian ini mendukung untuk setiap proses identifikasi dan evaluasi permasalahan yang terjadi serta kebutuhan yang dapat diusulkan untuk perbaikan. Dari penelitian yang dilakukan akan menghasilkan rancangan perpustakaan digital (e-library) dengan menerapkan basis data dan website sehingga membantu pengelola Perpustakaan Berkat IQRO AMIK Lembah Dempo dalam menjalankan layanan aktivitas perpustakaan konvensional dengan akses layanan yang tanpa batas.


Full Text:

PDF

References


Myers, F. (2013). Rich Communication Services Enhance Messaging With In-Demand Features. Florida: Interop Technologies.

Santoso, J (2012). Laporan Perkembangan Perpustakaan Digital Nasional Indonesia (e-Library). Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas). Jakarta.

Soddis. (2014). Sejarah, Pengertian dan Manfaat Pengembangan Digital Library.

Dana, T. & Samosir, H. & Widiyasa, I. (2008). Pengembangan Digital Library Perpustakaan Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Seminar Nasional Informatika (SemnasIF) (hal. 4). Yogyakarta: UPN Veteran .

Sherzad, R. A. (2010). Transformning a Paper Based Library System to Digital In Example of Herat University. Berlin: Technische Universitat Berlin.

Water, D. (1998). What are Digital Libraries. Council On Library and Information Resources (CLIR) , 4.

Cleveland, G. (1980). Digital Libraries Definitions, Issues And Challenges. The International Federation of Library Associations and Institutions (IFLA).

Sandra (2013). Peranan Sistem Digital Library dalam menunjang proses pelaksanaan pengolahan data perpustakaan di Universitas Diponegoro Semarang. Universitas Bina Darma : Palembang.

Kadir, A (2009). Konsep dan Tuntunan Praktis Basis Data. Yogyakarta : Andi Offset.

Al Fatta, H. (2007). Analisis dan perancangan system informasi untuk keunggulan perusahaan dan organisasi kelas dunia. Yogyakarta: Andi Offset.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.