KONSEP DESAIN PROSES WEBSITE EDUKASI MATEMATIKA BANGUN RUANG DENGAN TEKNOLOGI 3D INTERAKTIF

Abdurrasyid Ridho, Salam Aryanto, Khairan Marzuki, Melany Mustika Dewi

Abstract


Konsep pembelajaran khususnya mata pelajaran Matematika dengan materi bangun ruang dimana guru masih menyampaikan materi kepada siswanya baik secara lisan maupun tertulis kemudian diikuti dengan latihan dirasa masih terkesan kaku, sehingga perlu adanya media yang memberi kesan lebih interaktif didalamnya. Karenanya kami mencoba mengonsep desain proses dari sebuah website edukasi matematika materi bangun ruang dengan teknologi 3D interaktif.

Tahapan-tahapan yang dilakukan adalah menganalisis kebutuhan-kebutuhan yang ada baik fungsional maupun non-fungsional dalam website ini, penyusunan arsitektur teknologi, penjelasan alur data, visualisasi desain dari tampilan website yang akan dibuat hingga penjelasan prosedur yang ada.

Hasil dari penelitian ini adalah terbentuknya desain proses mengenai website edukasi matematika bangun ruang dengan teknologi 3D interaktif.


Full Text:

PDF

References


T. Setiawan, Sugianto, I. Junaedi, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Higher Order Thinking”, Unnes Journal of Research Mathematics Education, Vol.1 No.1, pp.72-80, Juni 2012.

R. Soedjadi, Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia, Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud, 2000.

Neni Yuniati, Bambang Eka Purnama, Gesang Kristianto Nugroho, “Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Ilmu Pengetahuan Alam Pada Sekolah Dasar Negeri Kroyo 1 Sragen”, Journal Speed -Sentra Penelitan Engineering dan Edukasi-, Vol.3 No.4, pp.25-29, 2011.

Wawan Saputra dan Bambang Eka Purnama, “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Mata Kuliah Organisasi Komputer”, Journal Speed -Sentra Penelitan Engineering dan Edukasi-, Vol.4 No.2, pp.60-67, 2012.

Erni Marlina dan Fatmasari, “Perancangan Aplikasi Pembelajaran Matematika Dengan Rumus Bangun Datar dan Ruang Untuk Siswa SMP Frater Makassar” dalam Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2016, pp2.519-24, 6-7 Februari, 2016.

Marsudi Raharjo, Materi Diklat Geometri Ruang, Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) Matematika, 2009.

Darmawaty Tarigan dan Sahat Siagian, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Ekonomi” E-Journal Universitas Negeri Medan, Vol.2 No.2, 2015.

Gary Cheng, “Using game making pedagogy to facilitate student learning of interactive multimedia”, Australasian Journal of Educational Technology, vol.25 no.2, pp204-220, 2009.

Roger S. Pressman, Software Engineering: A Practitioner’s Approach 5th edition, USA: McGraw-Hill, 2001.

Kridanto Surendro, “Pemanfaatan Enterprise Architecture Planning untuk Perencanaan Strategis Sistem Informasi”, Jurnal Informatika ITB, Vol.8 No.1, pp.1-9, Mei 2007.

Qing Li dan Yu-Liu Chen, Modelling and Analysis of Enterprise and Information Systems, Beijing: Springer Berlin Heidelberg, 2009.

Hanif Al Fatta, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern, Yogyakarta: Andi Offset, 2007.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.