PEMBANGUNAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA studi kasus : Persilangan Sifat Beda (hibridisasi) dalam Genetika

Sukenda Sukenda, Heri Muhamad Haryadi

Abstract


Genetika, salah satu ilmu yang mempelajari tentang pewarisan sifat-sifat pada mahkluk hidup. Pada pelajaran biologi di SMP/SMA biasanya ada pokok bahasan tentang genetika. Pada makhluk hidup terdapat gen yang diturunkan dari induknya. Mata pelajaran IPA biologi dengan pokok bahasan genetika untuk memahami dan mengetahui sifat-sifat keturunan mahluk hidup. Sifat genetika diturunkan dari induknya dapat disimulasikan dengan bantuan teknologi komputer. Dengan program komputer dapat memberi gambaran tentang bagaimana sifat turunan diwariskan ke turunannya. Perkembangan ilmu dan teknologi komputer dapat memvisualisasikan dan menjelaskan peristiwa persilangan sifat beda dalam genetika. Perangkat lunak aplikasi untuk memvisualkan dan menjelaskan persilangan sifat beda, sehingga sebagai media pembelajaran untuk siswa SMP/SMA. Penelitian yang dilakukan dapat menunjukkan bahwa aplikasi ini dapat menyediakan suatu sistem aplikasi yang mendukung dalam mensimulasikan persilangan sifat beda baik sifat pada manusia, hewan maupun tumbuhan. Metoda pembangunan perangkat lunak yang digunakan adalah aliran data dengan model waterfall. Tools yang digunakan adalah data flow diagram untuk menggambarkan aliran data. Perangkat lunak aplikasi ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman visual basic 6.0 dan perancangan basis datanya menggunakan model relasi dengan tool Entity-Relationship Diagram (E-R Diagram). Sedangkan pengolahan database-nya menggunakan Microsoft access 2003.


Full Text:

PDF

References


http://id.wikipedia.org/wiki/Hukum_Pewarisan_Mendel, tanggal akses 13-01-2010.

http://ltnnublitar.wordpress.com/2009/05/24/definisi-multimedia/, tanggal akses 11-01-2010.

http://ictcommunity.multiply.com/journal/item/17/PEMANFAATAN MEDIA BERBASIS ICT TERHADAP PEMBELAJARAN DI SEKOLAH, tgl akses 11-01-2010.

http://xpresiriau.com/teroka/artikel-tulisan-pendidikan/pembelajaran konvensional/, tanggal akses 12-01-2010.

Roger S. Pressman, Ph.D., ”Software Engineering a Practitioner’s Appraoch Seventh Edition”, McGraw-Hill International Edition, 2010.

http://www.agungnovian.com/metoda-random-acak, tanggal akses 24-01-2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.