RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN TAJWID AL QUR’AN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF

Andik Prakasa Hadi, Efendi Efendi, Danang Danang, Nuryatul Wakid

Abstract


Madrasah Aliyah Syaroful Millah Semarang adalah salah satu sekolah tingkat menengah atas yang terletak di jalan sunan kalijaga, kec. pedurungan –Semarang. Madrasah Aliyah Syaroful Millah Semarang memiliki misi bahwa di masa mendatang siswa Madrasah Aliyah Syaroful Millah Semarang mampu meraih kejuaraan dalam bidang akademik dan dapat menjadi insan yang kompetitif. Selama ini metode belajar mengajar yang digunakan kurang maksimal, siswa mudah jenuh, waktu belajar yang terbatas dan belum ada sarana untuk guru baru dalam mempelajari materi yang efisien. Untuk itu penulis mengembangkan media pembelajaran berbasis interaktif yang bertujuan untuk mengatasi masalah tersebut khususnya pembelajaran ilmu Tajwid Al Qur’an.

Media pembelajaran ini dikembangkan dengan pendekatan SDLC. Proses pembuatan materi dan animasi ditampilkan dalam bentuk Visualisasi menggunakan fasilitas Software Corel Draw X3, Camtasia Studio 5 dan Macromedia Flash 8.

Hasil dari pengembangan tersebut telah menghasilkan sistem baru berupa sistem pembelajaran berbasis multimedia interktif sebagai suplemen media pembelajaran dalam proses kegiatan belajar mengajar dan dapat meningkatkan pemahaman murid pada materi pelajaran Tajwid Al-Qur‘an sehingga memenuhi batas nilai minimal serta meningkatkan mutu pendidikan di sekolah.


Full Text:

PDF

References


Mohammad Yazdi, 2012; “E-LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI “ Jurnal Ilmiah Foristek Vol. 2, No. 1, Universitas Tadulako pada Jurnal Ilmiah Foristek

Arsyad, Azhar, 2008, “Media Pembelajaran”, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Candra, 2005; “Animasi Teks Profesional dengan SwishMax”, Palembang : Penerbit Maxikom.

Suyanto, Muhammad ,2005, “Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing”, Yogyakarta : CV. Andi Offset.

Ali, Muhammad, 2007, “Pengantar Ilmu-Ilmu Tajwid Al-Qur’an”, Surabaya : Al-Ikhlas.

Abuzaky, 2012, “Pengertian dan Hukum Ilmu Tajwid”, jakarta : Pengertian Hukum Ilmu Tajwid.

Thabrani, Suryanto, 2005, “Desain Grafis dengan Flash danCorelDraw”, Jakarta : Datakom Lintas Buana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.