PERANCANGAN MODEL BASIS DATA UNTUK LAYANAN WISATA DI YOGYAKARTA

Nanang Ruswianto, Rafika Akhsani, Brigita Dewi Yuliantari Rahmawati, M. Rizeky Yudha Saputra, Muhamad Lutfi K

Abstract


Pada pembuatan aplikasi layanan wisata di Yogyakarta perlu adanya perancangan model basis data untuk mendukung pengembangan aplikasi agar nantinya menjadi lebih optimal. Banyak model dalam perancangan basis data. Model perancangan tersebut berpengaruh pada aliran data aplikasi.

Perancangan model basis data untuk layanan wisata salah satunya dilakukan dengan pendekatan model entity relationship diagram (ERD). Diawali dengan pengumpulan data, menentukan entitas, perancangan ERD, hubungan/relasi antar table, menyusun struktur table, sampai dengan implementasi ke dalam aplikasi Database Management System (DBMS), dan analisis manfaat bagi Dinas Pariwisata sebagai pengelola pariwisata di Yogyakarta.

Penelitian ini di fokuskan pada perancangan model basis data dan simulasi analisa data. Sebuah perancangan akan terbatas hanya pada visualisasi, belum menggambarkan real proses dan kemudahan user nantinya dalam menggunakan aplikasi

Full Text:

PDF

References


Admin, 2015, Sejarah Singkat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta,http://pendidikan-diy.go.id/dinas_v4/?view=baca_isi_lengkap&id_p=1 diakses 15 Oktober 2015.

Ahmad Sukarna Syahrir, 2016, Sistem Informasi Navigasi Pariwisata berbasis Web dan Android pada Dinas Kebudayaan Pariwisata Palopo, Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2016, STMIK AMIKOM Yogyakarta, 6-7 Februari 2016.

Peraturan Menteri Pariwisata Republik Indonesia No. 29 tahun 2015 tentang Rencana Strategis Kementrian Pariwisata

Pergub DIY No. 63 Tahun 2015 Tentang Rincian Tugas dan Fungsi Dinas Pariwisata

UU No. 10 tahun 2009 tentang kepariwisataan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.