KLASIFIKASI KECENDERUNGAN PENYAKIT MATA DI JAWA BARAT DENGAN ASSOCIATION RULE DAN NAÏVE BAYES CLASSIFIER

Zillan Taufiq Budiman, Wina Witanti, Dian Nursantika

Abstract


Klasifikasi kecenderungan penyakit mata untuk menentukan tempat dalam kegiatan bantuan kesehatan penyakit mata merupakan hal penting dalam salah satu proses meningkatkan derajat kesehatan penyakit mata di masyarakat. Pemanfaatan data rekam medis pasien pada tahun sebelumnya dapat dilakukan untuk melakukan pengelompokan data penyakit dari setiap daerah, namun hal tersebut menjadi kendala ketika data yang diolah berukuran sangat besar dan masih tidak obyektifnya pemilihan tempat untuk kegiatan bantuan kesehatan. Pada penelitian ini digunakan sebuah Metode Naïve Bayes Classifier untuk mengelompokkan data rekam medis dari berbagai daerah serta dari berbagai umur dan metode perhitungan Association Rule untuk mencari kombinasi antar item dari data rekam medis. Proses Association Rule dimulai dari menentukan bobot masing-masing penyakit sampai dengan hasil nilai tertinggi. Proses pengelompokan dimulai dari menentukan jumlah class setiap penyakit mata yang akan dihitung dan menghasilkan nilai klasifikasi penyakit mata. Penelitian ini, menggunakan data rekam medis sebanyak 12373 data pada bulan Pebruari sampai April tahun 2016 dan 13 penyakit mata. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan memiliki penilaian sebesar 51.31% untuk penyakit mata Acute Atopic

Full Text:

PDF

References


Edy Kurniawan, "Analisa Tujuan Berobat Pasien Berdasarkan Jenis Penyakit (ICD) Menggunakan Teknik Data Mining Association Rule Dengan Algoritma Clustering," Multilek Indonesia, vol. 7, p. 1 , Juni 2013.

Wahyudi Setiawan, "Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Mata Menggunakan Naïve Bayes Classifier," Seminar Nasional Sains dan Teknologi , 2014.

Adhi Bayu Tama, "Penetapan Strategi Penjualan Menggunakan Association Rule Dalam Konteks CRM," Jurnal Generic , 2010.

Nathaniel Chandra Gede Indrawan, I Nyoman Sukajaya Denny, "Klasifikasi Berita Lokal Radar Malang Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier Dengan Fitur N-Gram," Jurnal Ilmiah Teknologi dan Informasi ASIA (JITIKA), 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.