ANALISIS PERBANDINGAN ALGORITMA C.45, RANDOM FOREST DENGAN CHAID DECISION TREE UNTUK KLASIFIKASI TINGKAT KECEMASAN IBU HAMIL

Mambang Mambang, Agus Byna

Abstract


Kecemasan dalam menghadapi proses persalinan pada ibu hamil menjelang persalinan dapat mempengaruhi proses persalinan tersebut, banyak faktor yang membuat ibu hamil merasa cemas, faktor-faktor yang mempengaruhi kecemasan ibu hamil dalam menghadapi persalinan tersebut dapat diketahui dari tingkatannya. Tingkat kecemasan dalam menghadapi persalinan dapat di klasifikasi menggunakan pohon keputusan. Pohon keputusan merupakan metode klasifikasi dan prediksi yang berguna untuk mengeksplorasi data untuk menemukan hubungan tersembunyi antar atribut data.

Pada penelitian ini metode yang diusulkan untuk klasifikasi tingkat kecemasan ibu hamil adalah dengan metode Decision Tree dengan membandingkan kinerja algoritma C4.5, RF(Random Forest) dengan CHAID. Algoritma tersebut tersebut nantinya akan dibandingkan untuk klasifikasi error dan tingkat akurasinya.

Hasil akurasi yang didapatkan menggunakan algoritma pohon keputusan C4.5, RF dengan CHAID yang menggunakan pruning=3 menghasilkan akurasi yang lebih baik yaitu berada pada ngaka 64% dan 62,67%, sedangkan yang menggunakan pre pruning menghasilkan akurasi lebih rendah.


Full Text:

PDF

References


Savitri, R.. 2003. Kecemasan Bagaimana Mengatasi Penyebabnya. Jakarta: Pustaka Populer Obor.

Yeyeh. 2009. Asuhan Kebidanan II (Persalinan). Jakarta: Trans Info Media

Stuart, G.W. dan Sundeen, S.J. 1998, Buku Saku Keperawatan Jiwa, Jakarta, EGC.

Berry, M. J., & Linoff, G. S.2004. Data Mining Techniques for marketing, sale, customer relationship management. Wiley Publishing,Inc.

Witten and Eibe Frank, Data Mining: Practical Machine Learning Tools and Techniques., 2005.

Ron Appel, Thomas Fuchs, Piotr Dollar and Pietro Perona, Proceedings of the 30th International Conference on Machine Learning, Atlanta, Georgia, USA, 2013. JMLR: W&CP volume 28, “Quickly Boosting Decision Trees - Pruning Underachieving Features Earl.

Lehmann, T. & Eherler, D. 2001. Responder Profiling with CHAID and Dependency Analysis..

Ruswana.2006. Tanya Jawab Seputar Kehamilan. Bhuana Ilmu Populer. Jakarta

Gallagher, C.A. 2000. An Iterative Approach to Classification Analysis.

Siswosudarmo, R., 2008. Obstetri Fisiologi Yogyakarta: Pustaka Cendekia

Wu, X., & Kumar, V. 2009. The Top Ten Algorithm In Data Mining. London: Taylor & Francis Group


Refbacks

  • There are currently no refbacks.