IMPLEMENTASI JARINGAN HOTSPOT SEBAGAI SARANA AKSES INTERNET PADA MARKAS KOMUNITAS ONE DAY ONE JUZ

Fatah Yasin

Abstract


Tidak semua wilayah di Jakarta mendapatkan signal / jaringan internet dengan kulitas baik, sehingga setiap orang yang berada di wilayah yang minim signal tidak bisa memanfaatkan atau terkoneksi internet dengan baik. Hal itulah yang terjadi pada area kantor Komunitas One Day One Juz yang terletak di wilayah Bambu Apus Jakarta Timur, signal internet di wilayah ini terbilang sangat minim, dan untuk mengatasi hal tersebut, kantor Komunitas One Day One Juz menyediakan layanan hotspot area yaitu sebuah area dimana tersedia koneksi internet wireless yang dapat diakses melalui Notebook, PDA maupun perangkat lainnya yang mendukung teknologi tersebut. Dengan hotspot di kantor Komunitas One Day One Juz maka para pengurus ataupun tamu/odojers yang berkunjung ke kantor dapat menikmati akses internet dengan baik selama di area hotspot tanpa harus menggunakan kabel.

Sistem jaringan komputer yang terhubung dengan jaringan internet di kantor Komunitas One Day One Juz adalah menggunakan sistem jaringan koneksi internet yang terhubung dengan ISP.  ISP langganan Komunitas One Day One Juz adalah Speedy, dengan mengunakan Modem ADSL untuk menghubungkan jaringan LAN. Jaringan LAN yang ada di kantor Komunitas One Day One Juz mengunakan beberapa perangkat keras yaitu: ADSL, access point, switch, LAN card, dan beberapa kabel UTP sebagai jaringan tersebut. Router mikrotik berfungsi untuk mempermudah sharing internet di kantor Komuntias One Day One Juz. Implementasi jaringan hotspot menggunakan router mikrotik memerlukan hardware tambahan berupa lancard, routerboard mikrotik atau PC router mikrotik, kabel UTP dan access point apabila sudah tersedia jaringan LAN. Jaringan hotspot merupakan jaringan internet tanpa kabel yang koneksinya menggunakan sinyal wifi yang dipancarkan oleh access point

Full Text:

PDF

References


Puspitasaru, Nila Feby, “Implementasi Mikrotik Sebagai Solusi Router Murah dan Mudah”, STMIK Amikom Yogyakarta, 2009.

Ariyanto, Joko, “Desain dan Implementasi Autentikasi Jaringan Hotspot Menggunakan Pfsense dan Radius Server”, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2008.

Purwanto, Eko, “Implementasi Jaringan Hotspot Dengan Menggunakan Router Mikrotik Sebagai Penunjang Pembelajaran” Jurnal Informa Politeknik Indonusa Surakarta, 2015.

Herlambang, Moch Linto, Catur L, Azis, “Panduan Lengkap Menguasai Router Masa Depan Menggunakan MikroTik RouterOS”. Yogyakarta : Andi Offset, 2008.

Sukamaaji, Anjik & Rianto, “Jaringan Komputer Konsep Dasar Pengembangan Jaringan dan Kemananan Jaringan”, Yogyakarta: Andi Offset, 2008.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.